Minggu, 5 Mei 2024

Jokowi Ajak Seluruh Pihak Berkolaborasi Ciptakan SDM Unggul demi Indonesia Maju

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden berbincang dengan Nadiem Makarim Mendikbudristek tentang Kampus Merdeka, Selasa (15/6/2021), di Istana Negara, Jakarta. Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden mengajak seluruh elemen bangsa untuk bersama membangun dan mempersiapkan sumber daya manusia Indonesia yang unggul.

Menurut Presiden, kolaborasi berbagai pemangku kepentingan sangat dibutuhkan dalam Gerakan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka yang merupakan agenda pemerintah untuk mempercepat penyiapan talenta unggulan Indonesia.

“Ini merupakan strategi talent boosting yang harus didukung. Program ini membutuhkan kolaborasi dari kita semua, baik kampus, mahasiswa, industri, mau pun semuanya. Oleh karena itu, saya mengajak semua pihak untuk membuka diri, untuk mau berkolaborasi,” ujarnya dalam perbincangan mengenai Kampus Merdeka yang berlangsung di Istana Negara, Jakarta, Selasa (15/6/2021).

Salah satu hal yang ditekankan Jokowi adalah kecepatan eksekusi program. Kajian dan penyesuaian kurikulum di perguruan tinggi harus dilakukan dengan cepat agar bisa beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang begitu pesat.

Selain itu, pengembangan program pendidikan di dunia industri juga harus diprioritaskan, diikuti dengan pembenahan ekosistem nasional.

“Ini bukan hanya pekerjaan Mas Menteri, Mendikbudristek. Ini pekerjaan kita semua, terutama di jajaran pemerintahan, industri, pimpinan kampus, dan semuanya kalau kita mau membangun negara kita ini menuju sebuah Indonesia Maju,” tandas Presiden.(rid/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
24o
Kurs