Jumat, 26 April 2024

Jokowi Berharap Umat Buddha Optimistis Pandemi Covid-19 di Dunia Teratasi

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Persembahyangan secara daring dilaksanakan umat Budha saat sembahyang Waisak 2564. Foto: Totok suarasurabaya.net

Joko Widodo Presiden mengucapkan selamat Hari Trisuci Waisak 2565 Tahun Buddhis yang dirayakan hari ini, Rabu (26/5/2021), kepada Umat Buddha di seluruh Tanah Air.

Presiden berharap, perayaan Waisak tahun ini tetap dilaksanakan secara sederhana dengan menerapkan protokol kesehatan karena pandemi Covid-19 yang mewabah di Indonesia dan berbagai belahan dunia masih belum sepenuhnya terkendali.

Dalam akun Twitter @jokowi, Presiden mengatakan, selalu ada cahaya terang sesudah kegelapan, selalu ada kemudahan yang datang sesudah kesulitan.

“Untuk saudara-saudaraku umat Buddha, Tri Suci Waisak tiba saat dunia masih dicengkeram pandemi. Tapi kita semua percaya, selalu akan ada cahaya terang sesudah kegelapan, selalu ada kemudahan yang datang setelah kesulitan. Semoga kedamaian dan ketenangan senantiasa bersama kita,” cuitnya.

Lewat cuitan itu, Jokowi mengajak Umat Buddha khususnya dan seluruh umat beragama optimistis serta sama-sama berusaha mengatasi berbagai persoalan akibat wabah Virus Corona.

Sementara itu, Yaqut Cholil Qoumas Menteri Agama mengapresiasi komitmen dan kepatuhan Umat Buddha mencegah penyebaran Covid-19, dalam pelaksanaan ibadah Waisak.

Secara khusus, Menteri Agama mengajak Umat Buddha di Indonesia terus merawat kerukunan dan persaudaraan.

Menurutnya, pesan merekatkan persaudaraan sejalan dengan ajaran di Kitab Suci Dhammapada.

Dalam kitab suci itu tertulis Kelahiran Para Buddha merupakan sebab kebahagiaan. Pembabaran Ajaran Benar merupakan sebab kebahagiaan.

Persatuan Sangha merupakan sebab kebahagiaan. Dan usaha perjuangan mereka yang telah bersatu merupakan sebab kebahagiaan.(rid/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs