Kamis, 25 April 2024

Jokowi Dorong Pengesahan UU Perampasan Aset Tindak Pidana

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden menyampaikan sambutan Milad ke-109 Muhammadiyah, Kamis (18/11/2021), secara virtual dari Istana Negara, Jakarta. Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden mendorong Rancangan Undang-Undang tentang Perampasan Aset Tindak Pidana segera disahkan menjadi undang-undang.

Presiden menilai peraturan itu sangat dibutuhkan supaya penegakan hukum yang berkeadilan bisa terwujud secara profesional dan akuntabel, untuk meningkatkan kesejahateraan rakyat.

Walau pun tidak masuk dalam program legislasi nasional (Prolegnas) 2021, Jokowi berharap, RUU Perampasan Aset bisa menjadi undang-undang pada tahun 2022.

Pernyataan itu disampaikan Presiden, hari ini, Kamis (9/12/2021), pada acara puncak peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia), di Kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK),  Jakarta.

“Kami harapkan tahun depan Insyaallah RUU Perampasan Aset bisa selesai agar penegakan hukum yang berkeadilan bisa terwujud secara profesional dan akuntabel untuk meningkatkan kesejahateraan rakyat,” ujarnya.

Lebih lanjut, Jokowi mengimbau KPK dan Kejaksaan Agung sebisa mungkin menerapkan dakwaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Menurutnya, jerat TPPU merupakan bagian dari sanksi pidana tegas, dan yang terpenting bisa memulihkan kerugian keuangan negara.

Sekadar informasi, Badan Legislasi DPR RI tidak memasukkan RUU Perampasan Aset Tindak Pidana ke dalam Prolegnas Prioritas 2021.

Dalam forum rapat bersama Pemerintah dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Rabu (15/9/2021), Baleg DPR memasukkan tiga RUU dalam Prolegnas Prioritas 2021, yaitu RUU ITE, RUU KUHP, dan RUU Pemasyarakatan.(rid/tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs