Sabtu, 4 Mei 2024

Jokowi Presiden dan PM Malaysia Sepakat Memperkuat Kerja Sama Dua Negara

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden, siang hari ini, Rabu (10/11/2021), menerima kunjungan kenegaraan Dato Sri Ismail Sabri Yaakob Perdana Menteri Malaysia, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden, siang hari ini, Rabu (10/11/2021), menerima kunjungan kenegaraan Dato Sri Ismail Sabri Yaakob Perdana Menteri Malaysia, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Kedatangan Perdana Menteri Malaysia bersama sejumlah menterinya, disambut iring-iringan pasukan berkuda dan marching band Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Jokowi yang memakai setelan jas warna biru menyambut Ismail Sabri Yaakob, selanjutnya bersama-sama menuju Halaman Istana Kepresidenan Bogor untuk melaksanakan upacara penyambutan resmi.

Upacara penyambutan dimulai dengan kumandang lagu kebangsaan kedua negara, dilanjutkan pemeriksaan pasukan.

Sebelum memasuki Istana, Jokowi memperkenalkan Menteri Kabinet Indonesia Maju yang hadir antara lain Retno Marsudi Menteri Luar Negeri, Sri Mulyani Menteri Keuangan, Nadiem Makarim Mendikbudristek, dan Pratikno Menteri Sekretaris Negara.

Lalu, PM Malaysia memperkenalkan jajaran menterinya yang ikut mendampingi kunjungan ke Indonesia.

Selanjutnya, Jokowi melakukan sesi foto bersama Ismail Sabri Yakoob dengan latar bendera kebangsaan kedua negara.

Acara dilanjutkan dengan penandatangan buku tamu, kemudian, bincang-bincang di teras belakang Istana Kepresidenan Bogor (veranda talk).

Lalu, Jokowi Presiden dan Dato Sri Ismail Sabri Yaakob melaksanakan pertemuan bilateral.

Sesudah pertemuan tertutup, Presiden RI dan PM Malaysia berkomitmen memperkuat hubungan kedua negara yang saling menguntungkan.

Kata Jokowi, sebagai bangsa serumpun, Indonesia-Malaysia harus memperkuat kerja sama, berdasarkan prinsip saling menghormati dan menguntungkan.

“Sebagai bangsa serumpun, kita harus memperkuat kerja sama berdasarkan prinsip yang saling menghormati dan menguntungkan,” ujar Jokowi.

Ismail Sabri Yaakob pun memberikan penghargaan kepada Pemerintah Indonesia karena sudah menyambut hangat delegasi Malaysia, di tengah pandemi Covid-19.

Perdana Menteri Malaysia yang baru dilantik Agustus 2021 itu bilang, Indonesia dan Malaysia memiliki hubungan yang sangat kuat dari sisi kenegaraan, budaya dan sejarah.

Dia optimistis, kemitraan Indonesia dan Malaysia akan lebih kuat lagi ke depannya.(rid/tin/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
27o
Kurs