Sabtu, 27 April 2024

Jokowi Presiden Desak Israel Menghentikan Agresi ke Palestina

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden RI. Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden RI meminta Israel segera menghentikan agresi militer ke Palestina. Agresi tersebut sampai sekarang sudah mengakibatkan ratusan korban jiwa termasuk perempuan dan anak-anak.

Lewat akun Twitter resminya @jokowi, Presiden mengutuk serangan tentara Israel yang tanpa belas kasihan menyerang warga sipil Palestina.

“Indonesia mengutuk serangan Israel yang telah menyebabkan jatuhnya ratusan korban jiwa, termasuk perempuan dan anak-anak. Agresi Israel harus dihentikan,” ujarnya, Sabtu (15/5/2021).

Jokowi mengungkapkan, dalam beberapa hari terakhir dia berkomunikasi dengan sejumlah pemimpin negara.

Pembicaraan intens dengan Presiden Turki, Yang Dipertuan Agong Malaysia, PM Singapura, Presiden Afghanistan, Sultan Brunei Darrusalam, dan PM Malaysia, bertujuan mencari solusi konflik Israel-Palestina.

Selain membahas kondisi Warga Palestina di Jalur Gaza, Jokowi Presiden juga membicarakan tindak lanjut ASEAN Leaders’ Meeting, serta perkembangan situasi di Afghanistan.

Seperti diketahui, situasi di Palestina merupakan salah satu isu yang terus menjadi perhatian dunia internasional.

Berdasarkan laporan Al-Jazeera, pada Sabtu (15/5/2021) pagi, serangan Tentara Israel yang berlangsung sejak Jumat (14/5/2021), menewaskan 137 Warga Palestina termasuk 36 anak-anak, dan 920 orang mengalami luka-luka.

Serangan Israel yang dilancarkan lewat darat juga udara, mengakibatkan banyak bangunan rusak parah, dan lebih dari 10 ribu Warga Palestina terpaksa mengungsi.

Aksi brutal Israel kali ini diawali dengan pengusiran paksa Warga Palestina yang sudah lama tinggal di lingkungan Sheikh Jarrah, Yerusalem Timur.(rid/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
28o
Kurs