Sabtu, 27 April 2024

Jokowi Presiden Instruksikan Seluruh Bupati Gunakan APBD untuk Program Prioritas

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden menghadiri Pembukaan Musyawarah Nasional V APKASI Tahun 2021, Jumat (26/3/2021), di Istana Negara, Jakarta. Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden memberikan arahan supaya seluruh Bupati menerapkan konsolidasi anggaran.

Pernyataan itu disampaikan dalam acara Pembukaan Musyawarah Nasional V Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Tahun 2021, pagi hari ini, Jumat (26/3/2021), di Istana Negara, Jakarta.

Presiden menjelaskan, Bupati harus menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk program prioritas.

Mantan Wali Kota Solo itu mengingatkan, jangan sampai Bupati mengecer anggaran untuk banyak pos belanja yang dampaknya tidak dirasakan langsung oleh masyarakat.

Menurut Jokowi, Bupati cukup punya dua program prioritas dalam masa kepemimpinannya. Misalnya, untuk membangun pasar dan membuka area persawahan.

Dengan begitu, sebagian besar anggaran bisa fokus digunakan untuk mewujudkan program prioritas, dan pengawasannya lebih mudah.

“Jangan membelanjakan untuk banyak pos belanja. Semua dinas diberi, kita nggak punya skala prioritas. Untuk kabupaten menurut saya dua prioritas saja cukup. Misalnya, ingin semua pasar di kabupaten selesai dalam lima tahun ke depan. Konsentrasikan angggaran itu ke sana,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Presiden meminta supaya Bupati melakukan perencanaan detail program yang bermanfaat untuk masyarakat.

Selain perencanaan, Jokowi juga menyebut pentingnya manajemen pengawasan.

Pengawasan yang ketat, bisa meminimalisir potensi penyelewengan dan menjaga kualitas program supaya tepat sasaran.(rid/dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
29o
Kurs