Sabtu, 20 April 2024

Jokowi Presiden Lantik 700 Calon Perwira Remaja TNI-Polri Angkatan ke-66

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden melantik 700 calon perwira remaja TNI dan Polri angkatan ke-66, Selasa (13/7/2021), di Halaman Istana Merdeka, Jakarta. Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden, pagi hari ini, Selasa (13/7/2021), melantik dan mengambil sumpah 700 orang calon perwira remaja Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri).

Pelantikan dilakukan dalam Upacara Prasetya Perwira (Praspa) TNI-Polri Tahun 2021, secara terbatas dan menerapkan protokol kesehatan ketat, di Halaman Istana Merdeka, Jakarta.

Pelantikan perwira remaja dari Akademi TNI berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 65/TNI Tahun 2021. Sedangkan para perwira dari Akademi Kepolisian dilantik berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 66/Polri Tahun 2021.

Para perwira yang dilantik terdiri dari 227 perwira Akademi Militer (Akmil), 101 perwira dari Akademi Angkatan Laut (AAL), 91 perwira dari Akademi Angkatan Udara (AAU), dan 281 perwira dari Akademi Kepolisian (Akpol).

Presiden memandu pengucapan sumpah jabatan, diikuti para perwira TNI-Polri angkatan ke-66 yang lulus tahun ini.

“Demi Allah saya bersumpah/demi Tuhan saya berjanji/bahwa saya akan memenuhi kewajiban perwira dengan sebaik-sebaiknya terhadap bangsa Indonesia dan negara kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UU Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Bahwa saya akan memimpin anak buah dengan memberi suri teladan membangun karsa serta menuntun pada jalan yang lurus dan benar. Bahwa saya akan rela berkorban jiwa dan raga untuk membela nusa dan bangsa,” ucap Jokowi diikuti para perwira remaja.

Sebagian besar perwira remaja mengikuti upacara melalui konferensi video di masing-masing akademi angkatan dan kepolisian.

Beberapa orang yang hadir langsung di Istana Kepresidenan Jakarta, di antaranya empat orang peraih Adhi Makayasa (lulusan terbaik) dari tiap akademi.

Masing-masing, Sermatutar Septian Haryono Pasaribu (Akmil), Sermatutar Always Giving Hamonangan Tiris (Akademi Angkatan Laut), Sermatutar Laode Abdul Muis (Akademi Angkatan Udara), dan Brigtar Hary Indradjati (Akademi Kepolisian).

Hadir mendampingi Presiden, antara lain Ma’ruf Amin Wakil Presiden, Prabowo Subianto Menteri Pertahanan, Marsekal Hadi Tjahjanto Panglima TNI, dan Jenderal Listyo Sigit Prabowo Kapolri.

Kemudian, ada juga Jenderal Andika Perkasa Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Laksamana Yudo Margono Kepala Staf TNI Angkatan Laut, dan Marsekal Fadjar Prasetyo Kepala Staf TNI Angkatan Udara.(rid/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
29o
Kurs