Jumat, 29 Maret 2024

Jumlah Komodo yang Terpasang Chip di TN Komodo Capai 1.200 Ekor

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Wisatawan melihat satwa Komodo (Varanus Komodoensis) di Pulau Rinca, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Rabu (17/1/2018). Foto: Antara

Balai Taman Nasional Komodo mencatat pemasangan chip pada satwa komodo di Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur telah mencapai sekitar 1.200 ekor.

Pemasangan chip itu, kata Lukita Awang Nistyantara Kepala Balai TN Komodo untuk memantau keberadaan satwa tersebut di sana.

“Progres pemasangan chip ini terus bergerak, ketika kita temukan di lapangan ada komodo maka petugas lakukan pemasangan,” kata Lukita kepada Antara, Selasa (6/7/2021).

Ia merinci, terdapat 10 titik habitat komodo yang menjadi sampel pemasangan chip yang terdiri dari empat titik di Pulau Komodo, empat di Pulau Rinca, serta Nusa Kode dan Gili Motang masing-masing satu titik.

Selain itu, Lukita Awang menjelaskan, pemasangan chip itu untuk mempermudah pemantauan kondisi satwa dengan nama lain Varanus Komodoensis, serta memastikan rantai makanan tetap berjalan secara alamiah.

“Dengan demikian habitat komodo terjaga, tidak hanya komodo tetapi juga terkait keberadaan spesies lain seperti penyu, kaka tua, termasuk juga rusa yang jadi mangsa komodo,” katanya.

Ia mengatakan program pemasangan chip ini terus bergerak di lapangan yang disesuaikan dengan kondisi anggaran mengingat dalam sekali kegiatan membutuhkan biaya sekitar Rp75 juta.

Di sisi lain, kata Lukita Awang, jumlah petugas di lapangan juga terbatas serta tidak mudah menambah orang untuk melakukan pemasangan chip tersebut.

“Jadi sambil bergerak di lapangan kita sesuaikan dengan kemampuan sumber daya yang ada,” katanya.(ant/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
29o
Kurs