Minggu, 22 Mei 2022

Kasal: Jiwa Raga Kalian untuk Pertahankan Kedaulatan RI

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Upacara peringatan HUT 76 tahun TNI AL juga dilaksanakan di kampus STTAL Surabaya. Foto: bagpen STTAL Surabaya

Laksamana Pertama TNI Dr. Ir. Avando Bastari Komandan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) memimpin Ucapara Peringatan HUT ke-67 TNI AL di Lapangan Bendera Kampus STTAL Bumimoro Krembangan Surabaya, Jumat (10/9/2021).

Upacara peringatan HUT ke-76 TNI AL itu di bawah Komando Letkol Laut (KH) Dr. Eko Krisdiono yang sehari-harinya menjabat sebagai Kaprodi S2 Asro STTAL.

Lettu Laut (S) Andrik Sujatmoko bertindak sebagai Perwira Upacara dan Serda Kom Cahyo Sutikno Staf Depperskerma STTAL bertindak sebagai Pengucap Sapta Marga.

Upacara kali ini melibatkan Pasukan Upacara dari seluruh Civitas Akademika STTAL dengan sangat terbatas mengingat Protokol Kesehatan di masa Pandemi Covid-19 ini tidak mengurangi kekhidmatan dalam rangkaian acaranya.

Laksamana TNI Yudo Margono Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) dalam amanat yang dibacakan Laksamana Pertama TNI Dr. Ir. Avando Bastari Komandan STTAL menyatakan, Peringatan HUT TNI Angkatan Laut setiap 10 September adalah sebuah penghayatan akan perjalanan panjang dari sejarah pengabdian TNI Angkatan Laut kepada bangsa dan negara.

TNI Angkatan Laut lahir dan berkembang mengikuti dinamika perubahan zaman untuk mengawal kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kendati di tahun 2021 ini masih di masa pandemi Covid-19, jiwa dan semangat sebagai prajurit Jalasena dia minta tetap berkobar penuh keyakinan menyongsong masa depan yang lebih baik.

“Sebagai bagian dari komponen utama pertahanan negara, TNI Angkatan Laut akan senantiasa mendukung setiap kebijakan pemerintah dalam menghadapi tantangan nyata saat ini. Tanpa mengurangi pelaksanaan tugas pokok sebagai garda utama pertahanan Negara di laut, TNI Angkatan Laut juga berperan aktif mendukung prioritas Pemerintah dalam penanggulangan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional,” tegas Laksamana TNI Yudo Margono.

Lebih lanjut Kasal menyampaikan, Kekuatan armada kapal perang, pasukan marinir, pesawat udara dan pangkalan yang terintegrasi dalam Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) merupakan keunggulan.

Selain itu kekuatan itu mewarnai TNI Angkatan Laut yang terus berbenah diri, membangun serta membina kekuatan dan kemampuan sebagai Angkatan Laut yang profesional, modern, dan tangguh.

Setiap risiko dan tantangan dihadapi dengan tetap bersemangat dan penuh ketabahan.

Bahkan sebagian dari para prajurit-patriot sejati telah gugur dan mendahului dalam melaksanakan tugas.

Kiranya pengorbanan mereka akan selalu dikenang dan menjadi pengingat bagi mereka untuk meneruskan perjuangan prajurit Jalasena yang gagah berani.

“Jiwa raga kalian hanya untuk mempertahankan kedaulatan negara. Setiap hembusan nafas kalian harus berupa pengabdian. Tanamkan semangat juang dalam hati kalian untuk meraih kejayaan Angkatan Laut, Jalesveva Jayamahe,” pungkas Laksamana TNI Yudo Margono.

Sebelumnya, Civitas Akademika Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) telah melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-67 TNI AL.

Di antaranya Bakti Kesehatan berupa serbuan vaksin, donor darah/konvalesen, ziarah ke Taman Makam Pahlawan, Do’a bersama, Bakti Sosial, Anjangsana kepada Warakawuri Keluarga Besar Civitas Akademika STTAL.(tok/den)

Berita Terkait

Surabaya
Minggu, 22 Mei 2022
27o
Kurs