Minggu, 28 November 2021

Kecamatan Sawahan Libatkan Masyarakat Percepat Herd Immunity

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Membantu warga kecamatan Sawahan yang membutuhkan oksigen medis juga dilakukan Relawan Sawahan Menjawab. Foto: Kecamatan Sawahan for suarasurabaya.net

Sejumlah program yang dilaksanakan Kecamatan Sawahan selama masa pandemi Covid-19 dalam rangka mempercepat terbentuknya herd immunity, seperti misalnya program vaksinasi massal yang digelar Pemerintah Kota Surabaya, sudah digelar beberapa kali di wilayah Sawahan. Melibatkan warga masyarakat untuk ikut membantu pelaksanaannya.

Yunus Camat Sawahan membenarkan jika pihaknya melibatkan masyarakat sekitar untuk kegiatan-kegiatan selama masa pandemi Covid-19. Termasuk beberapa kegiatan sebagai bagian dari upaya pembentukan herd immunity di tengah masyarakat. Satu diantaranya adalah membentuk Relawan Sawahan Menjawab.

“Relawan Sawahan Menjawab kami bentuk membantu berbagai kegiatan Kecamatan Sawahan selama masa pandemi Covid-19 ini. Termasuk juga membantu percepatan terbentuknya herd immunity melalui program vaksinasi massal. Relawan Sawahan Menjawab terdiri dari banyak elemen. Diantaranya, Bonek Kolor Ijo, IPNU, Banser, Gerily4Surabaya, Rescue Team dan beberapa lainnya,” terang Yunus, Kamis (26/8/2021).

Mijil Ketua Relawan Sawahan Menjawab menyampaikan bahwa satu diantara alasan pembentukan Relawan Sawahan Menjawab selain membantu pekaksanaan berbagai program kegiatan yang digagas Kecamatan Sawahan juga dalam rangka menjawab program yang dibuat Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya yaitu Relawan Surabaya Memanggil.

Tujuan Dibentuknya Relawan Sawahan Menjawab untuk membantu percepatan antisipasi dan penanganan Covid-19 di Sawahan dan menjadi bagian dari Relawan Surabaya Memanggil bentukan Pemerintah Kota Surabaya.

“Relawan Sawahan Menjawab dibentuk dalam rangka menjawab program Walikota Surabaya, yaitu Relawan Surabaya Memanggil. Relawan Sawahan Menjawab untuk membantu percepatan antisipasi dan penanganan Covid-19 di Sawahan dan menjadi bagian dari Relawan Surabaya Memanggil bentukan Pemerintah Kota Surabaya,” papar Mijil.

Ditambahkan Sugeng koordinator Bonek Kolor Ijo yang juga satu diantara elemen Relawan Sawahan Menjawab bahwa mereka atau para relawaan ini secara sukarela bergabung dan siap membantu kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan Kecamatan Sawahan. Dan dimasa pandemi Covid-19 banyak kegiatan Relawan Sawahan Menjawab membantu berbagai kegiatan terkait pemutusan penyebaran Covid-19.

“Relawan Sawahan Menjawab secara sukarela siap membantu kerja dan kinerja dari Kecamatan Sawahan dan kami siap 24 jam bilamana diperlukan sewaktu-waktu. Termasuk di masa pandemi Covid-19 ini, kami juga ikut membantu kegiatan-kegiatan yang digagas Kecamatan Sawahan,” ujar Sugeng.

Di masa pandemi Covid-19, Relawan Sawahan Menjawab terlibat langsung dalam hampir semua kegiatan yang dilaksanakan oleh Kecamatan Sawahan. Mulai dari bansos, vaksinasi hingga pendataan warga yang belum mendapat bantuan.

Sederet kegiatan Kecamatan Sawahan, termasuk diantaranya vaksinasi yang juga menjadi satu diantara program pemerintah, juga melibatkan Relawan Sawahan Menjawab. “Senin (23/8/2021) vaksinasi 900 dosis, Rabu (25/8/2021) 991 dosis, dan dijadwalkan Sabtu (28/8/2021) akan ada 900 dosis. Kami para Relawan Sawahan Menjawab ikut membantu,” tambah Sugeng.

Sementara itu, ditambahkan Yunus Camat Sawahan bahwa pihaknya berharap jika pandemi Covid-19 nanti berakhir, para warga masyarakat yang tergabung pada Relawan Sawahan Menjawab tidak membubarkan diri. Mengingat kerja dan bantuan mereka sangat luar biasa. Totalitas mereka membantu sesama menurut Yunus patut diacungi jempol.

“Kinerja para Relawan Sawahan Menjawab sangat luar biasa. Jika pandemi nanti berakhir, kami berharap mereka masih tetap berkumpul, tidak bubar. Kerja kemanusiaan mereka sangat luar biasa, patut diacungi jempol. Totalitas para Relawan Sawahan Menjawab membantu kami semua di Kecamatan Sawahan sangat bagus,” pungkas Yunus.(tok/tin/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Suasana Unjuk Rasa Melewati Basra

Surabaya
Minggu, 28 November 2021
25o
Kurs