Sabtu, 27 April 2024

Keluarga Besar Unesa Berduka, Puisi Khusus Buat Prof Budi Darma yang Wafat

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan

Keluarga Besar Universitas Negeri Surabaya (Unesa) berduka dan bangsa pun berduka atas wafatnya sastrawan kenamaan Indonesia sekaligus Guru Besar Fakultas Bahasa dan Seni Unesa, Prof. Dr. Budi Darma, Sabtu (21/8/2021).

Kabar kepergian sastrawan besar itu membuat suasana Acara Wisuda Unesa 2021 yang sedang berlangsung tiba-tiba hening. Suasana gembira mendadak duka. Para pimpinan pun memberhentikan prosesi wisuda sejanak. Seluruh jajaran pimpinan beserta peserta wisuda yang dipimpin Ketua Senat Unesa mengadakan doa bersama atas kepergian pria kelahiran Rembang, 25 April 1937 itu.

Prof. Nurhasan Rektor Unesa mewakili seluruh keluarga besar Unesa mengatakan bahwa Unesa sangat merasa kehilangan dan merasakan duka yang amat mendalam atas kepergian Prof Budi Dharma. Menurutnya, beliau adalah sosok yang produktif.

“Karyanya tersebar di mana-mana. Sudah belasan buku yang dilahirkan dan ratusan artikel yang diterbitkan di berbagi rubrik media-media nasional,” kata Prof. Nurhasan berdasarkan keterangan tertulis yang diterima suarasurabaya.net.

Prof. Budi Dharma mendapatkan banyak penghargaan dan sempat mendapatkan penghargaan dari Wali Kota Madya Surabaya saat itu sebagai warga Surabaya yang berprestasi di bidang sastra selama dua kali berturut-turut.

Dari berbagai karyanya yang inpiratif, Olenka (1983) juara pertama dalam Sayembara Mengarang Roman DKJ 1980 dan sekaligus memperoleh Hadiah Sastra DKJ 1983. Tahun 1984 beliau menerima Hadiah Sastra ASEAN.

Tidak berhenti sampai di situ, beliau juga mendapat penghargaan Sastra Dewan Kesenian Jakarta, SEA Write Award, dan Anugerah Seni Pemerintah RI. Sebagai akademisi, ia kerap diundang untuk berceramah, mengajar, menguji calon sarjana atau doktor sastra, baik dalam negeri ataupun luar negeri dan terlibat riset sastra dii dalam dan di luar negeri.

Purna tugas Pengajar di jurusan Bahasa dan Sastra Inggris ini, sambungnya, pernah menjabat Rektor Unesa (IKIP Negeri Surabaya, dulu) periode 1984-1988. Rektor, turut merasakan duka mendalam yang dirasakan seluruh keluarga besar Unesa.

“Kami semua (Warga Unesa) berduka. Seorang senior, guru, sekaligus panutan kami semua telah pergi hari ini. Mohon doanya semoga beliau husnul khotimah”, ujarnya

Nama besar Budi Darma tidak hanya di kampus, tetapi juga dikenal secara nasional, bahkan internasional. Ia seorang penulis dan sastrawan yang berpengaruh dalam perkembangan sastra di Indonesia dengan karya-karyanya seperti Olenka (1983), Raflus (1998), kumpulan cerpen Orangorang Bloomington (1981) dan masih banyak lagi karya monumental.

“Saya kira Indonesia juga kehilangan seorang sastrawan besar yang berpengaruh”, terang Nurhasan. Atas kepulangan Prof. Budi Darma, Budi Nuryanto Dosen Jurusan Bahasa Indonesia Unesa membuat puisi khusus untuk mengenangnya. Inilah puisinya:

BIJI MATI BUAH SERIBU KALI: Buat Sang Resi

Oleh Budi Nuryanto

Pagi ini engkau pergi
Penuhi panggilan ilahi
Jalan yang kautiti
Tlah kauratakan rapi
Dengan kreasi dan prestasi
Takpernah dilupakan anak negeri
Nikmati bahagia abadi
Di rumah tak bertepi
Kami menangisi pasti
Jika biji tidak mati
ia takberbuah berlipat kali
Jadilah pendoa bagi kami
Agar duniamu selama ini
Tumbuh seribu kali.

Kabar wafatnya Prof. Budi Darma tak hanya membuat keluarga besar Unesa berduka, tetapi juga Sirikit Syah yang pernah menjadi mahasiswa S1 dan S3 dan diajar oleh Prof. Budi Darma.

“Ilmunya tinggi, namun sikapnya sangat rendah hati, humble. Saya belum ketemu guru besar yang se-humble beliau, yang ingat nama semua mahasiswa, suami/istri dan anak-anaknya mahasiswa. Sangat murah hati dalam berbagi ilmu, sangat memudahkan mahasiswa sebagai dosen atau penguji. Kami semua berduka dan sangat kehilangan,” kenang Sirikit.(tin/ipg)

Berita Terkait

Sastrawan Budi Darma Tutup Usia


Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
26o
Kurs