Minggu, 28 April 2024

Kemenkes Putus Kerja Sama Vaksinator yang Beri Suntikan Kosong

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Cuplikan video viral yang beredar di media sosial tentang petugas yang memberikan suntikan vaksin kosong di Pluit, DKI Jakarta. Foto: Istimewa

Siti Nadia Tarmizi Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan mengatakan, Kemenkes bersama Dinas Kesehatan DKI Jakarta telah memutus kerja sama dengan vaksinator yang diduga menggunakan alat suntik kosong di Pluit, Jakarta Utara, Jumat (6/8/2021).

“Saat ini yang bersangkutan sudah tidak boleh menjadi vaksinator lagi dan kita juga minta penanggung jawab harus lebih memonitor hal ini,” kata Siti Nadia seperti dilansir Antara, Selasa (10/8/2021).

Peristiwa ini, kata Nadia, terjadi karena kelalaian vaksinator. “Ini sebabnya kesalahan saat mengambil suntikan yang belum diisi vaksin,” terangnya.

Nadia menjelaskan, vaksinator itu diketahui bekerja sebagai tenaga perawat di Rumah Sakit Graha Kedoya, Jakarta Utara.

Peristiwa itu, kata Nadia, sedang dilakukan pemeriksaan oleh personel Kepolisian Sektor (Polsek) setempat untuk memperoleh keterangan sejumlah pihak.

“Saat ini sedang didalami oleh polisi,” katanya.

Sebelumnya, tayangan video yang memperlihatkan seorang pria mendapat vaksin Covid-19 dari alat suntik kosong viral di sejumlah media sosial.

Video berdurasi 15 detik itu memperlihatkan bagian plunger atau komponen pompa piston di alat suntik berada pada indikator nol tanpa cairan di dalam tabung.(ant/dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
33o
Kurs