Sabtu, 20 April 2024

Kenaikan Kasus Baru Covid-19 Pascalebaran Mulai Terdeteksi

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Dante Saksono Wamenkes saat RDP dengan Komisi IX DPR RI membahas Vaksin Merah Putih pada Maret 2021. Foto : Faiz suarasurabaya.net

Dante Saksono Harbuwono Wakil Menteri Kesehatan RI mengungkapkan, dalam empat hari terakhir ada peningkatan kasus baru Covid-19 di Indonesia.

Data per tanggal 23 Mei 2021, kasus baru harian yang terdeteksi mencapai 5.700, naik sekitar dua kali lipat dari catatan tanggal 14 Mei 2021.

Menurut Wamenkes, salah satu faktor pemicu lonjakan kasus adalah tingginya mobilitas masyarakat pada masa Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah.

“Mobilisasi penduduk ini diperkirakan akan mencapai peningkatannya minggu-minggu ini. Kita bisa melihat empat hari terakhir peningkatan kasus baru mencapai di atas lima ribu. Itu menunjukkan mobilisasi pascalebaran dan Ramadan sudah terlihat minggu ini,” ujarnya sesudah rapat kabinet terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (24/5/2021).

Dokter Dante memperkirakan, peningkatan kasus infeksi Virus Corona pascalebaran akan terus terjadi sampai pertengahan Juni 2021.

Sebelumnya, Satgas Penanganan Covid-19 dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) memprediksi akan adanya lonjakan kasus di Tanah Air yang terlihat sekitar tiga pekan atau sebulan pascalebaran.

Berdasarkan pengalaman tiga momen libur panjang tahun lalu, tingginya mobilitas orang berdampak signifikan pada kenaikan kasus infeksi Virus Corona.

Sebagai antisipasi, pemerintah melakukan intervensi lewat aturan larangan mudik Idulfitri, mulai tanggal 6 sampai 17 Mei 2021.

Walau sudah ada larangan, faktanya masih banyak masyarakat yang memaksakan diri pulang kampung dengan berbagai alasan.(rid/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
29o
Kurs