Selasa, 7 Desember 2021

Keterbatasan Waktu, Tidak Ada Ujian Susulan untuk Peserta UTBK yang Positif Covid-19

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Peserta UTBK wajib mematuhi protokol kesehatan sebelum memasuki ruang ujian di Kampus Untag Surabaya. Foto: Humas Untag

Budi Prasetyo Ketua Pelaksana Eksekutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengatakan peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang hasil tes Covid-19-nya dinyatakan positif, tidak bisa mengikuti ujian susulan.

“Pada tahun ini, kami tidak menyediakan ujian susulan karena keterbatasan waktu. Di Jakarta saja, kami menambah waktu dua hari untuk setiap sesi dan semuanya penuh baik itu gelombang satu dan dua,” ujar Budi, Rabu (14/4/2021).

Kebijakan tersebut berbeda dengan tahun sebelumnya, yang mana peserta UTBK yang hasil tes rapidnya positif bisa mengikuti ujian susulan.

Sebanyak 13 Pusat UTBK mensyaratkan hasil tes cepat sebagai prasyarat mengikuti ujian. Jika hasil tes cepatnya positif maka tidak diperkenankan mengikuti UTBK.

“Memang pada tahun ini, kami tidak bisa mengakomodir yang sakit karena 4 Mei 2021, UTBK harus sudah selesai semua,” terang dia dilansir Antara.

Jika ada ujian susulan, lanjut Budi, akan berdampak pada pengumuman dan lainnya. Oleh karena itu, LTMPT tidak menyediakan ujian susulan bagi peserta UTBK yang hasil tesnya positif.

Meski demikian, Budi meminta peserta yang tidak bisa mengikuti UTBK untuk tidak berkecil hati karena masih ada jalur seleksi mandiri yang bisa diikuti.(ant/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Suasana Unjuk Rasa Melewati Basra

Surabaya
Selasa, 7 Desember 2021
24o
Kurs