Selasa, 28 September 2021

Khofifah Bentuk Rumpun Vaksinasi untuk Capai Herd Immunity di Jatim

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
dr Herlin Ferliana. Foto: Dokumen/Tina suarasurabaya.net

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur membentuk rumpun vaksinasi sebagai upaya pencapaian kekebalan komunal atau herd immunity sekaligus pengendalian terhadap penyebaran Covid-19 di wilayah setempat.

“Sekarang ini, vaksinasi merupakan kerja besar kerja dan tidak sederhana,” katanya di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Rabu (28/7/2021).

Ia menunjuk dr Herlin Ferliana Direktur RSU Haji Surabaya, sebagai koordinator rumpun vaksinasi. Dengan demikian, pada satgas penanganan Covid-19 di Jatim saat ini terdapat lima rumpun yang memiliki tugas dan fungsi masing-masing untuk mengendalikan serta mencegah Virus Corona.

Empat rumpun sebelumnya, yakni rumpun promotif yang mengurusi terkait logistik di bawah komando BPBD Jatim, dan rumpun tracing dan testing di bawah kendali dr Kohar Harisantoso. Kemudian, rumpun kuratif dikoordinatori oleh dr Joni Wahyuhadi, serta rumpun dampak sosial ekonomi yang dikendalikan oleh Emil Elestianto Dardak Wakil Gubernur Jatim.

Menurut Khofifah, tugas rumpun vaksinasi nantinya melakukan distribusi vaksin ke semua daerah, lalu memetakan daerah mana yang membutuhkan dan vaksinnya jenis apa. Tentang ketersediaan vaksin, Gubernur menyampaikan masih aman karena tiba ke Jatim dua kali dalam sepekan.

“Semisal, datang hari ini maka besok langsung didistribusikan ke daerah sesuai kebutuhan. Menkes juga sudah punya peta, bahwa daerah ini dosis vaksinya sinovac atau astrazeneca. Intinya, stok Insyaallah aman karena tiba dua kali sepekan,” katanya seperti yang dilansir Antara.

Sementara itu, berdasarkan data dari Satgas Penanganan Covid-19 dan Diskominfo Jatim, per 27 Juli 2021, total vaksinasi dosis pertama sudah disuntikkan kepada 7.405.758 orang atau 23,27 persen dari sasaran vaksinasi sebanyak 31.826.206 orang.

Sedangkan untuk dosis dua sudah mencapai 2.946.543 orang atau 9,26 persen dari jumlah sasaran.

Diharapkan target 70 persen dari sasaran vaksinasi sudah tercapai pada pertengahan Agustus 2021 sehingga pada HUT Ke-76 RI sudah terbentuk herd immunity, demikian Khofifah Indar Parawansa.(ant/tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Mobil Terperosok di depan RSAL dr Ramelan A.Yani

Antre Vaksin di T2 Juanda

Kebakaran Lahan Kosong Darmo Permai

Surabaya
Selasa, 28 September 2021
30o
Kurs