Sabtu, 20 April 2024

Komnas HAM Periksa Kepala BKN Soal Polemik TWK KPK

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Bima Haria Wibisana Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN). Foto: dok. suarasurabaya.net

Bima Haria Wibisana Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) memenuhi panggilan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), hari ini, Selasa (22/6/2021).

Kedatangan Kepala BKN di Kantor Komnas HAM, Jakarta Pusat, untuk memberikan keterangan terkait polemik Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). BKN menyelenggarakan tes itu dalam proses alih status Pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) jadi ASN.

Beka Ulung Hapsara Komisioner Komnas HAM bilang, Bima Haria Wibisana memenuhi panggilan kedua yang mereka layangkan. Dia harap, penjelasan Kepala BKN bisa melengkapi keterangan sejumlah pihak yang sebelumnya memberikan informasi, salah satunya dari KPK.

“Pemeriksaan ini diharapkan dapat melengkapi keterangan yang telah diberikan mengenai duduk permasalahan sehingga membuat terangnya peristiwa,” ujarnya melalui pesan singkat.

Sebelumnya, Komnas HAM sudah memeriksa Nurul Ghufron Wakil Ketua KPK dan perwakilan BKN. Pemeriksaan itu merespon laporan sejumlah Pegawai KPK yang dinilai tidak lulus atas dugaan pelanggaran HAM dalam proses Tes Wawasan Kebangsaan.

Dari pemeriksaan yang sudah dilakukan, Komnas HAM menemukan adanya perbedaan pernyataan dari KPK dan BKN. Sehingga, Komnas HAM merasa perlu melakukan pendalaman.(rid/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
30o
Kurs