Jumat, 19 Agustus 2022

Komunitas Pecinta Alam, Musik, Serta Anak Motor Gelar Hutanada di Banyuwangi

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Komunitas pecinta alam dan musik Super Friends, hingga Boldriders Surabaya memilih Bumi Perkemahan Kaliandong Banyuwangi untuk acara Hutanada 2021. Foto: Istimewa

Komunitas pecinta alam dan pecinta musik, Super Friends Surabaya, hingga anak-anak motor Boldriders Surabaya, menggelar acara Hutanada di Banyuwangi.

Hutanada adalah acara tahunan yang digelar oleh komunitas gabungan di Surabaya dan sekitarnya tersebut, setiap tahun sekali.

Pada 2020 lalu acara digelar di Bukit Glagah Wangi, Desa Sumbergondo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur. Sedangkan tahun 2021 ini digelar di Bumi Perkemahan Kaliandong Sidomulyo, Jambewangi, Banyuwangi.

“Ini adalah kegiatan intimate tahunan yang bertujuan untuk refreshing yang exciting, baik itu mendekat ke alam maupun menikmati musik, lalu juga bisa mendapatkan experience baru di luar kebiasaan kita di kota.  Kemudian mempertemukan elemen-elemen komunitas yang berkolaborasi dengan berbagai platform agar makin akrab dan engage,” kata Affan Haris Showanadi Koordinator Acara Hutanada pada Sabtu (19/11/2021) seperti dalam siaran pers yang diterima suarasurabaya.net.

Berbagai komunitas yang tergabung ini juga saling sharing ilmu termasuk potensi yang dimiliki masing-masing komunitas, sehingga memungkinkan mereka untuk berkolaborasi dalam segala peluang dan kemungkinannya. Hal lain yang didapat juga adalah solidaritas dan persaudaraan antar komunitas ini otomatis makin erat.

Komunitas yang hadir ini mayoritas dari Surabaya Raya, yang juga bekerjasama dengan komunitas Superfriends Banyuwangi.

Komunitas ini dipertemukan dalam wadah plattform @Rockinsurabaya, @Uprisesurabaya.official, hingga anak motor @Boldriders.surabaya.

Acara yang digelar pada akhir Oktober hingga November 2021 itu dihadiri dua ratus perwakilan dari berbagi komunitas anak motor, pecinta alam, serta pecinta musik.

Banyuwangi dipilih selain untuk suasana baru, juga karena di sana ada potensi wisata, seperti kebun durian, kebun manggis, pengusaha kripik, dan tahun depan dusun terakhir yang bersebelahan dengan hutan tersebut bakal menjadi basecamp resmi pendakian Gunung Raung.

Di Hutanada 2021 ini ada berbagai kegiatan yang diikuti oleh kolaborsi komunitas tersebut, seperti camping ceria, dengan hiburan musik, dibuka oleh tari gandrung, kemudian musik talent : Ranting, The Orcas, Day For Uncle Sam, Coconightman dari Bali serta Denny Frust dari Jakarta.

“Kami juga ada kegiatan anjangsana desa ke beberapa UMKM desa tersebut, dengan tujuan ikut mempromosikan UMKM desa. Acara kami ini disupport berbagai pihak, selain dari kolaborasi komunitas juga di dukung penuh oleh TRAC astra, dan juga pendukung lainnya seperti Wheelger clothing line,” urainya.

Faris Affandy Koordinator Pecinta Alam yang tergabung dalam Super Friends Surabaya mengatakan antusiasme peserta sangat tinggi dan kini selalu menjadi agenda rutin komunitas yang selalu ditunggu-tunggu.

“Kami harap tahun depan Hutanada bisa digelar lagi dengan lokasi yang tak kalah menariknya dari acara pertama sampai kemarin, pemilihan lokasinya selalu menarik,” kata Faris. (ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Langit Sore di Grand Pakuwon

Suatu Sore di Sembayat Gresik

Sore yang Macet di Raya Nginden

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Surabaya
Jumat, 19 Agustus 2022
29o
Kurs