Selasa, 7 Mei 2024

Korban Eksploitasi Topeng Monyet, 40 Ekor Monyet Ekor Panjang Dilepas Liar di Jember

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
monyet-ekor-panjang-mantan-topeng-monyet Satu dari 40 monyet Ekor Panjang mantan Topeng Monyet yang dilepasliarkan di Suaka Margasatwa Nusa Barung, Jember. Foto: instagram Jakarta Animal Aid Network

Di tengah peringatan Hari Satwa Sedunia yang diperingati setiap 4 Oktober, sebanyak 40 ekor monyet jenis ekor panjang yang pernah menjadi korban eksploitasi pertunjukan Topeng Monyet akhirnya kembali bebas berkeliaran di hutan.

Kamis (7/10/2021) lalu, para pejuang kesejahteraan hewan dari Jakarta Animal Aid Network (JAAN) bersama Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jatim dan pemda setempat melepasliarkan para monyet ke Suaka Margasatwa Pulau Nusa Barung, Jember.

“Ada tiga kelompok monyet ekor panjang. Totalnya 40 ekor. Semuanya mantan topeng monyet yang sudah menjalani resosialisasi dan rehabilitas, kami relokasi ke hutan agar kembali liar,” kata Rifqi Ajir Koordinator JAAN untuk wilayah Jatim kepada suarasurabaya.net, Sabtu (9/10/2021).

para-pejuang-kesejahteraan-hewan
Rifqi Ajir Koordinator JAAN untuk wilayah Jatim bersama pejuang kesejahteraan hewan lainnya saat hendak melepasliar monyet ekor panjang di Jember. Foto: Istimewa

Rehabilitasi satwa primata yang diselamatkan dari eksploitasi para pelaku Topeng Monyet itu, kata Ajir, merupakan proses yang cukup panjang.

Mulai dari karantina, perawatan medis, sosialisasi, survei pra-pelepasliaran, relokasi, hingga pelepasliaran dan pemantauan pasca-pelepasliaran.

“Program penting bisa terlaksana berkat kerja sama multi pihak. Terutama dengan Pemda Kabupaten Jember, BKSDA Jatim, dan banyak pihak yang telah mendukung kami,” ujarnya.

femke-den-haas-pendiri-JAAN
Femke Den Has Pendiri Jakarta Animal Aid Network bersama Hendy Siswanto Bupati Jember. Foto: Istimewa

Setidaknya ada 40 orang dalam tim pelepasliaran itu yang terlibat. Masing-masing orang membawa satu satu kandang habituasi yang berisi seekor monyet. Mereka menempuh perjalanan ke Suaka Margasatwa Pulau Nusa Barung.

Kamis itu, Hendy Siswanto Bupati Jember turut mengantar tim pelepasliaran monyet ekor panjang ini dari Pantai Nyamplong Kobong, Jember ke Suaka Margasatwa Nusa Barung. Termasuk di dalam tim itu, Femke Den Haas Pendiri JAAN.

Setelah pelepasliaran itu, sebagian Tim JAAN masih akan melakukan pemantauan para monyet di Nusa Barung. Pemantauan ini akan berlangsung selama dua pekan untuk memastikan bahwa mereka benar-benar kembali bebas.(ant/den)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
32o
Kurs