Sabtu, 4 Desember 2021

Lima Juta Dosis Tambahan Vaksin Covid-19 Sinovac Tiba di Indonesia

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Vaksin Sinovac tiba di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin (16/8/2021). Foto: Antara

Sebanyak lima juta dosis Vaksin Covid-19 Sinovac, Senin (16/8/2021) siang ini diterima Pemerintah Indonesia.

Kedatangan vaksin dari China itu tercatat sebagai kedatangan tahap ke-37, terhitung sejak pertama kali Indonesia menerima Vaksin Covid-19, Desember 2020.

Sekitar pukul 13.30 WIB, pesawat khusus yang mengangkut jutaan dosis vaksin itu mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Mayjen TNI Syafruddin Asisten Operasi Panglima TNI yang memberikan keterangan secara virtual bilang, lima juta dosis Vaksin Sinovac siap suntik akan dipakai untuk program vaksinasi nasional.

“Hari ini, Indonesia kembali kedatangan vaksin Covid-19 sejumlah lima juta dosis produksi Sinovac dalam bentuk jadi,” ujarnya.

Dengan tambahan itu, total vaksin Covid-19 yang sudah ada di Indonesia sebanyak 190 juta dosis, terdiri dari 45,3 juta dosis jadi, dan 144,7 juta bahan baku.

Rinciannya, 144,7 juta bahan baku Vaksin Sinovac, dan 13 juta dosis vaksin bentuk jadi.

Kemudian, Vaksin AstraZeneca sebanyak 16,1 juta dosis, Vaksin Sinopharm 8,2 juta dosis, dan Vaksin Moderna sebanyak delapan juta dosis.

Mayjen TNI Syafruddin menegaskan, TNI dan Polri konsisten melaksanakan perintah dari Joko Widodo Presiden untuk membantu penanganan pandemi Covid-19, termasuk menyukseskan program vaksinasi nasional.

Seperti diketahui, pemerintah menargetkan bulan ini penyuntikan vaksin bisa mencapai dua juta dosis per hari, untuk mempercepat terciptanya kekebalan kelompok masyarakat terhadap Virus Corona.

Data Kementerian Kesehatan, per hari Minggu (15/8/2021), Penduduk Indonesia yang sudah mendapat suntikan vaksin Covid-19 dosis pertama sebanyak 53,6 juta orang.

Sementara penduduk yang sudah menerima vaksin dosis kedua baru sekitar 28,1 juta orang dari target 208 juta orang yang tersebar di seluruh berbagai penjuru Tanah Air.(rid/iss/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Suasana Unjuk Rasa Melewati Basra

Surabaya
Sabtu, 4 Desember 2021
30o
Kurs