Kamis, 6 Oktober 2022

Masker Transparan, Inovasi untuk Bantu Teman Tuli Berkomunikasi

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Ilustrasi. Masker transparan

Produsen masker asal Jepang, Unicharm Corp. meluncurkan masker wajah tembus pandang yang dibuat khusus untuk memungkinkan orang tuna rungu komunikasi lebih baik selama pandemi Covid-19.

Seperti dikutip dari Kyodo yang dilansir Antara, Jumat (30/4/2021), masker yang dapat dicuci ini memiliki lapisan transparan, memungkinkan bagian bawah wajah terlihat sehingga pembacaan bibir bagi tuna rungu dan orang gangguan pendengaran dan ekspresi wajah pengguna terlihat.

Pihak Unicharm mengatakan masker ini sebagai tanggapan atas kekhawatiran orang-orang dengan gangguan pendengaran dan bicara yang telah berjuang untuk berkomunikasi selama pandemi. Masker yang ada selama ini menghalangi kemampuan mereka untuk membaca bibir dan melihat ekspresi wajah.

Perusahaan mengatakan hanya membuat 3.000 masker, dengan harga masing-masing 1480 yen atau setara Rp196.909 dan hanya dijual secara online.

Lapisan transparan masker dibuat tidak beruap oleh napas pemakainya.

Daisuke Ochi Direktur eksekutif Federasi Tuna Rungu Tokyo mengatakan masker semacam itu akan berguna dalam situasi sehari-hari, seperti ketika ditanya oleh kasir toko swalayan apakah mereka membutuhkan sumpit atau kantong plastik untuk dibawa berbelanja.

“Saat orang lain memakai masker, Anda tidak tahu apakah dia marah atau tertawa, membuat komunikasi menjadi sulit,” kata Ochi, yang merupakan teman tuli.(ant/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Mobil Mogok dan Nutup Sebagian Jalur Layang Mayangkara

Truk Terguling di Raya Kedamean Gresik

Truk Mogok di Mastrip arah Kedurus

Mobil Terbalik di Merr Surabaya

Surabaya
Kamis, 6 Oktober 2022
32o
Kurs