Kamis, 30 Juni 2022

Mencegah Kasus Kekerasan Perempuan Lewat Teknologi

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Memperingati Hari Perempuan Internasional, kaum perempuan dituntut berani melawan kekerasan. Foto: Shutterstock

Memastikan keamanan bagi kaum perempuan terutama di malam hari, Gojek, memiliki aplikasi early warning system. Layanan teraman bagi perempuan, karena tersedia tombol darurat yang terhubung dengan customer service yang siap melayani 24 jam.

“Kami sangat peduli keamanan pelanggan kami, terutama kaum perempuan, karena 55 persen perjalanan Gojek dan GoCar, di malam hari dilakukan oleh pengguna perempuan,” jelas Trisia Iskandar, Public Policy and Government Relations Gojek, saat tampil sebagai pembicara di webinar Lindungi Perempuan dari Kekerasan “Dare To Speak Up” memperingati Hari Perempuan Internasional, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA), Senin (8/32021).

Mengenai banyaknya kasus kekerasan perempuan di ruang publik. Trisia mengingatkan kaum perempuan untuk waspada karena, kasus kekerasan tidak mengenal waktu dan tempat.

Sosialisasi langkah untuk melawan kekerasan seksual di ruang publik, kata Trisia, dengan menghindari S.I.U.L singkatan dari (S)ebar Konten Pornografi, (I)ntimidasi, (U)capan atau komentar atas tubuh, (L)akukan Kontak Fisik. Trisia menjelaskan, untuk melindungi perempuan, mitra Gojek terlatih melawan kekerasan seksual di ruang publik, dengan dengan cara B.A.N.T.U, yaitu (B)erani tegur pelaku, (A)lihkan perhatian,(N)gajak orang untuk membantu, (U)sahakan merekam kejadian.

Trisia berharap, pemanfaatan teknologi infofmasi melalui aplikasi ini akan sangat membantu melawan kekerasan perempuan di ruang publik. (man/ipg)

Berita Terkait

Surabaya
Kamis, 30 Juni 2022
31o
Kurs