Sabtu, 18 Mei 2024

Mendikbudristek Berupaya Meningkatkan Inovasi Bidang Riset dan Teknologi

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Nadiem-Makarim-Mendikbudristek Nadiem Makarim Mendikbudristek memberikan keterangan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (28/4/2021). Foto: Biro Pers Setpres

Nadiem Anwar Makarim resmi memimpin Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) usai dilantik Joko Widodo Presiden, Rabu (28/4/2021), di Istana Negara, Jakarta.

Nadiem memaparkan, bidang riset dan teknologi merupakan hal yang sangat amat dekat dengan kesehariannya sebelum bergabung dalam Kabinet Indonesia Maju.

“Riset dan teknologi adalah suatu hal yang sangat dekat di hati saya, suatu hal yang telah saya tekuni sebelum saya melakukan tugas ini sebelum di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,” ucapnya selepas pelantikan.

Oleh karena itu, Nadiem memiliki harapan dan tujuan besar untuk meningkatkan kualitas dan inovasi di universitas atau perguruan tinggi dalam bidang riset dan teknologi.

Sekadar diketahui, Kemendikbudristek merupakan penggabungan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Kementerian Riset dan Teknologi.

Usulan penggabungan dua kementerian tersebut sebelumnya sudah mendapat persetujuan DPR RI.

“Ini merupakan suatu hal yang mungkin menjadi kabar gembira bagi universitas karena sekarang dari sisi riset mau pun transformasi pendidikan ada di dalam satu kementerian sehingga satu pintu dan rektor semakin mudah untuk bisa berkoordinasi dengan pemerintah pusat,” kata Nadiem terkait penggabungan tersebut.

Lebih lanjut, Nadiem menegaskan kementeriannya akan berkolaborasi dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), dengan cara mendorong para mahasiswa dan dosen-dosen nasional melakukan penelitian dan menjalankan program-program seperti Kampus Merdeka di dalam badan-badan yang ada di bawah koordinasi BRIN.

Aktivitas penelitian dan penerapan Kampus Merdeka tersebut menjadi selaras dengan program link and match dan peningkatan kemampuan yang diperlukan pada abad 21.

Kata Nadiem, para mahasiswa nantinya bukan cuma memperoleh ilmu dan pendidikan dari kampus saja, tapi juga bisa memperoleh langsung dalam riset, proyek-proyek sosial, dan program magang di industri.

“Terima kasih untuk amanah ini dan akan saya kerjakan sebaik-baiknya. Ini merupakan suatu tantangan baru yang akan kami laksanakan sebaik-baiknya,” tandasnya.(rid/frh/dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya
Kurs
Exit mobile version