Kamis, 25 April 2024

Menlu Tegaskan RI Tak Berniat Buka Hubungan Diplomatik dengan Israel

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Bendera Israel berkibar di sebuah bukit dekat pemukiman Yahudi Elazar di Tepi Barat, dekat Bethlehem. Foto: Antara

Retno Marsudi Menteri Luar Negeri kembali menegaskan Indonesia tidak berniat membuka hubungan diplomatik dengan Israel, seperti sempat ramai diisukan pada akhir tahun lalu.

“Hingga saat ini, tidak terdapat niatan Indonesia untuk membuka hubungan diplomatik dengan Israel,” kata Retno saat menyampaikan Pernyataan Pers Tahunan Menteri Luar Negeri (PPTM) 2021 secara virtual, Rabu (6/1/2021) dilansir Antara.

Sebaliknya, Retno menuturkan bahwa Indonesia akan terus memberikan dukungan terhadap kemerdekaan Palestina berdasarkan solusi dua negara, resolusi Dewan Keamanan PBB, serta parameter internasional yang telah disepakati.

Hal tersebut juga telah ditekankan oleh Joko Widodo Presiden dalam pembicaraan telepon dengan Mahmoud Abbas Presiden Palestina pada 16 Desember 2020 kemarin.

Sikap tegas Indonesia sangat kontras dibandingkan kebijakan beberapa negara, di antaranya Uni Emirat Arab, Bahrain, Sudan, dan Maroko, yang dalam beberapa bulan terakhir menormalisasi hubungan mereka dengan Israel.

Keputusan yang diambil sejumlah negara Arab tersebut dianggap sebagai kemunduran dalam proses perdamaian Israel-Palestina, dan mengindikasikan bahwa isu Palestina tidak lagi dianggap penting oleh beberapa rezim Arab.

Namun, bagi Indonesia, Palestina tetap menjadi prioritas politik luar negerinya. Indonesia berharap situasi kondusif dapat tercipta mulai tahun ini dengan komitmen semua pihak agar dialog konstruktif bahkan perundingan langsung dapat terjadi.

“Dukungan terhadap bangsa Palestina untuk meraih kemerdekaannya akan terus dilanjutkan,” Menlu menegaskan.(ant/dfn/lim)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs