Sabtu, 27 April 2024

Mensos: Bansos Bisa Diteruskan ke Ahli Waris

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Mensos Tri Risma Harini, mengajak Suara Surabaya Media membantu sosialisasi tentang pentingnya tanggap darurat bencana gempa dan tsunami di Indonesia saat berkunjung ke Suara Surabaya Centre, Sabtu (17/4/2021) Foto : Anton Suara Surabaya.net

Tri Rismaharini Menteri Sosial mengemukakan, bantuan sosial yang penerima manfaatnya telah meninggal dunia bisa diteruskan ke ahli warisnya.

“Kalau pada Bulan Januari sempat menerima, kemudian meninggal, berarti bukan penerima baru,” kata mensos di Semarang, seperti dilaporkan Antara, Jumat (3/9/2021).

Dia jelaskan, untuk keluarga yang masih dalam kategori kurang mampu, bantuan bisa diwariskan kepada anaknya. Termasuk jika anaknya masih di bawah umur.

“Kalau anaknya masih kecil tinggal menunjuk walinya,” katanya.

Sementara jika sudah tidak ada ahli warisnya, kata dia, pemerintah daerah berhak mengusulkan penerima baru sebagai penggantinya. Menurut dia, usulan penerima manfaat bantuan sosial harus berasal dari pemerintah daerah.

“Yang tahu persis daerah, tidak bisa kami ‘ngarang-ngarang’ data,” ujarnya.

Dia juga mengungkapkan, Kementerian Sosial selalu melakukan revisi data kemiskinan setiap bulan untuk mengakomodasi usulan daerah.(ant/iss/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
26o
Kurs