Sabtu, 20 April 2024

Menutup Rangkaian Bulan K3, Pelindo III Gelar Webinar Kesehatan Kerja

Laporan oleh Achmad Zainal Alim
Bagikan
Pelindo III telah menerapkan program Fit To Work sebagai langkah mitigasi yang wajib dilakukan dimasa pandemi seperti saat ini. Foto: Istimewa

Menutup rangkaian Bulan K3 Nasional tahun 2021, Pelindo III menggelar Webinar K3 dengan tema “Penerapan Kesehatan Kerja di Masa Pandemi Covid-19”.

Tema ini dilatarbelakangi pandemi Covid-19 yang masih melanda. Sejumlah perusahaan terus melakukan adaptasi dalam berbagai hal, demikian halnya upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan kerja, seperti yang disampaikan dalam keterangan pers yang diterima Suarasurabaya.net, Kamis (11/2/2021).

Berbagai kegiatan diselenggarakan dalam rangka peringatan Bulan K3 Nasional tahun 2021 di lingkungan Pelindo III, diantaranya empat kali penyelenggaraan webinar K3 dengan topik yang berbeda, mulai dari budaya K3, Keselamatan Pelayaran, Jaminan Ketenagakerjaan dan Kesehatan kerja pada masa pandemi.

Setiap webinar yang diselenggarakan dikuti lebih dari 1000 peserta, berasal dari seluruh wilayah Indonesia dengan berbagai profesi. Diantaranya karyawan, mahasiswa, akademisi, pengawas ketenagakerjaan, praktisi K3, asosiasi dan juga serikat karyawan.

Disamping webinar, Pelindo III juga menyelenggarakan lomba foto, tiktok dan video sosialisasi K3 yang diikuti lebih dari 600 peserta. Kegiatan sosial juga dilakukan yaitu dengan menyelenggarakan aksi donor darah yang berhasil mengumpulkan total 304 kantong darah.

Tak hanya itu, gerakan donor plasma konvalesen dan edukasi kepada para penyintas sebagai salah satu upaya memberikan pertolongan bagi para penderita Covid-19 kategori sedang dan berat juga dilakukan, mengingat saat ini plasma konvalesen menjadi salah satu solusi dalam terapi penyembuhan pasien Covid-19. Dalam kegiatan donor plasma konvalesen tersebut Pelindo III berhasil mengumpulkan 276 kantong plasma.

Kegiatan peningkatan kewaspadaan dan kesiapan K3 juga dilakukan diantaranya latihan pemadam kebakaran menggunakan APAR, Hydrant dan mobil Pemadam Kebakaran. Selanjutnya latihan evakuasi keadaan darurat juga dilakukan, pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) serta berbagai kegiatan lainnya.

Berbagai kegiatan tersebut digelar sebagai upaya Pelindo III dalam mensosialisasikan pentingnya K3 di dunia kerja kepada masyarakat hingga para pekerja baik di lingkungan internal Pelindo III maupun perusahaan lainnya.

Dalam kesempatan penutupan bulan K3 nasional 2021 dilakukan oleh DR Himawan Estu Bagijo, SH, MH, kepala Dinas Tenaga Kerja & Transmigrasi Provinsi Jatim. Dalam penutupannya, Himawan memberikan apresiasi kepada PT Pelindo III yang tak hanya bagus dalam konsep K3, namun juga berhasil dalam penerapannya, terbukti PT Pelindo III meraih prestasi dalam Penghargaan Zero Accident, penerapan SMK3 hingga program HIV/AIDS.(lim)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
27o
Kurs