Jumat, 19 April 2024

Minggu 3 Oktober KBS Dibuka Lagi, Ini Syaratnya

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Kebun Binatanag Surabaya rencanaya akan dibuka besok, Minggu(3/10/2021). Foto: Humas Pemkot

Kebun Binatang Surabaya (KBS) akan secara resmi kembali dibuka besok, Minggu (3/10/2021).

Sabtu (2/10/2021) tadi, Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya meninjau dan mengecek kesiapan protokol kesehatan di KBS.

“InsyaAllah ini sudah siap semua, dan nanti tidak ada kesempatan untuk sentuhan karena semuanya pakai aplikasi PeduliLindungi. Jadi, insyallah besok sudah mulai dibuka kembali karena selama ini sudah banyak yang menunggu KBS dibuka, dan yang mau gowes ke KBS juga sudah antre,” katanya.

Dia meminta Satgas Covid-19 di KBS terus berpatroli dengan sepeda untuk mengingatkan protokol kesehatan kepada para pengunjung.

Misalnya bagi pengunjung yang melepas masker dan berkerumun.

“Jadi, tugasnya satgas itu tidak boleh berhenti keliling, dia berputar terus untuk mengingatkan para pengunjung, sehingga ketika KBS ini sudah dibuka, maka diharapkan tidak ada klaster KBS. Semoga tidak ada,” kata dia.

Ia juga memastikan bahwa pengunjung yang akan boleh masuk ke KBS harus sudah mendapatkan vaksin Covid-19.

Karena itu aplikasi PeduliLindungi diterapkan untuk mengecek pengunjung itu sudah divaksin atau belum.

“Nah, bagi yang belum vaksin, nanti pemkot juga akan menyiapkan vaksin di KBS sekitar 1.000 dosis. Baik yang KTP Surabaya maupun luar Surabaya, boleh vaksin di situ,” ujarnya.

Eri berharap, pembukaan KBS ini akan membantu pemulihan ekonomi di Surabaya.

Apalagi, di dalam KBS banyak UMKM yang terlibat, sehingga perekonomian itu bisa bergerak lagi melalui UMKM yang ada di tempat-tempat wisata Surabaya.

Sementara itu, Chairul Anwar Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) Kebun Binatang Surabaya (KBS) memastikan, pihaknya akan mengerahkan 85 satgas mandiri untuk berkeliling mengingatkan protokol kesehatan para pengunjung.

Mereka sudah dibagi per zona yang biasanya menimbulkan kerumunan. Baik di pintu masuk, pertigaan, area zona satwa favorit dan zona lainnya.

“Di zona-zona itu akan kami tempatkan satgas,” kata Chairul.

Dia juga memastikan, mulai besok KBS akan dibuka sejak pukul 08.00-16.00 WIB dengan kapasitas 25 persen dari total kapasitas pengunjung atau sekitar 2.000 orang.

Sedangkan bagi yang gowes dibuka mulai pukul 06.00-10.00 Wib.

“Kami juga sudah menyiapkan semua prokes-nya mulai masuk sampai keluar KBS, semua sudah sesuai syarat di dalam SE kementerian,” ujarnya.

Chairul juga menjelaskan, semua satwa di KBS sudah dicek kesehatannya secara periodik.

Bahkan, hampir setiap hari dokter hewan KBS mengevaluasi masing-masing zona satwa. Dia memastikan bahwa satwa KBS dalam kondisi sehat.

“Tapi memang dalam pembukaan kali ini, ada beberapa area yang belum bisa kami buka, seperti aquarium dan beberapa tempat lainnya,” kata Chairul (man/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
32o
Kurs