Kamis, 25 April 2024

Momentum Maulid, Jokowi Ajak Umat Islam Indonesia Meneladani Nabi Muhammad SAW

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden menyampaikan amanat pada Upacara HUT ke-76 TNI, Selasa (5/10/2021), di Halaman Istana Merdeka, Jakarta. Foto: Farid suarasurabaya.net

Joko Widodo Presiden mengajak seluruh Umat Islam khususnya di Indonesia untuk meneladani Nabi Muhammad SAW dalam menjalani kehidupan di tengah pandemi Covid-19.

Lewat akun Instagram @jokowi, Selasa (19/10/2021), Presiden menyatakan momentum peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun ini yang masih berlangsung dalam keterbatasan, membutuhkan kesabaran ekstra.

“Maulid Nabi Muhammad SAW tahun ini kita peringati di tengah pandemi yang menguji kesabaran kita sebagai insan beriman. Mari, mengambil suri teladan dari sosok baginda Nabi Muhammad SAW begitu penyabar, berakhlak mulia, dan mendahulukan umatnya,” ujarnya.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Joko Widodo (@jokowi)

Mengutip sabda Nabi Muhammad, Kepala Negara mengingatkan, siapa yang melepaskan kesusahan saudaranya maka Allah akan melepaskan kesusahannya nanti pada hari kiamat.

“Dengan semangat kepedulian itu, bangsa kita mampu melalui masa-masa sulit ini,” imbuhnya.

Seperti diketahui, pemerintah memutuskan menggeser hari libur peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW menjadi 20 Oktober 2021 untuk mengantisipasi terjadinya pergerakan massa besar yang dapat memicu lonjakan kasus Covid-19.

Sebelumnya, Yaqut Cholil Qoumas Menteri Agama menerbitkan Surat Edaran Menteri Agama Nomor 29 Tahun 2021 berisi pedoman penyelenggaraan peringatan hari besar keagamaan.

Salah satu poin yang diatur surat edaran itu larangan melakukan pawai dalam rangka peringatan hari keagamaan yang melibatkan jumlah peserta dalam skala besar.(rid/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs