Rabu, 17 April 2024

Napi Teroris dari Simpatisan ISIS Hingga JAD, Berikrar Setia NKRI

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Sudjonggo Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat saat konferensi pers di Lapas Narkotika Kelas IIA Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat, Kamis (15/4/2021). Foto: Antara

Sudjonggo Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Barat menyebutkan bahwa 34 narapidana teroris yang mengucapkan ikrar setia pada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) terdiri dari beberapa jaringan.

“Ini dapat 34 sudah syukur alhamdulillah. Ini termasuk berhasil, berkat kerja sama dengan Densus 88, BNPT, pembina agama, dan BIN,” ujar Sudjonggo di Lapas Narkotika Kelas IIA Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (15/4/2021).

Narapidana teroris yang berikrar setia pada NKRI itu didominasi dari jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) yakni sebanyak 24 orang. Sedangkan sisanya yaitu simpatisan Islamic State of Iraq and Suriah (ISIS), Azam Dakwah Centre (ADC), dan Jamaah Islamiyah (JI).

Menurut Sujonggo, dari total 56 narapidana, masih ada 22 narapidana terorisme lainnya di lapas tersebut belum mengucapkan ikrar setia pada NKRI, karena masih dalam tahap proses deradikalisasi.

“Pembinaan terus berjalan, karena pidananya juga berbeda-beda. Itu yang menyebabkan kenapa tidak semuanya, karena memang pidananya berbeda beda. Secara usia berbeda beda, daya nalar berbeda-beda,” kata Sudjonggo seperti yang dilansir Antara.

Kemenkumham kini terus melakukan pembinaan terhadap napi terorisme dengan menggandeng Densus 88 Antiteror, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Badan Intelijen Negara (BIN), dan pemuka agama.

“Ini terus, kami tidak berhenti, seluruh Jawa Barat ini ada 106 (narapidana terorisme) pada saat ini bisa bertambah bisa berkurang di kemudian hari, karena mutasi dari tempat lain atau kita mutasikan ke tempat lain,” katanya pula.(ant/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 17 April 2024
27o
Kurs