Jumat, 26 April 2024

Nasa: Asteroid Sebesar Burj Khalifa Sedang Menuju Bumi

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Ilustrasi: Asteroid. Foto: NASA

Nasa menyebutkan sebuah asteroid besar, yang ukurannya sebanding dengan gedung tertinggi di Bumi dikabarkan sedang menuju planet ini pada pertengahan Desember.

Pelacak asteroid Nasa  menyebut ini sebagai 163899 (2003 SD220), asteroid besar yang memiliki diameter sekitar 791 meter,  hampir seukuran Burj Khalifa di Dubai, bangunan buatan manusia tertinggi di Bumi.

Namun, pengamatan yang dilakukan pada tahun 2015 oleh Observatorium Arecibo di Puerto Rico menunjukkan bahwa asteroid tersebut bisa jauh lebih besar, setidaknya 2 kilometer panjangnya.

NASA kemudian datang dengan pengukuran yang berbeda, yakni sekitar 1,6 kilometer. Namun, perkiraan NASA saat ini menempatkan asteroid pada diameter 791 meter.

Dilansir Antara, Senin (15/11/2021), Asteroid itu akan terbang melewati Bumi pada 17 Desember dalam jarak sekitar 5,4 juta kilometer dari planet dengan kecepatan 5,6 km/detik.

Sebagai perbandingan, jarak antara Bumi dan Bulan jauh lebih dekat dari itu, yakni sekitar 385.000 km. Dengan demikian, meskipun diklasifikasikan sebagai Asteroid Berpotensi Berbahaya (PHA) karena ukuran dan jaraknya yang dekat dengan Bumi, namun tidak menimbulkan ancaman bagi planet ini.

Bahkan, NASA telah menyatakan Bumi aman dari dampak asteroid selama 100 tahun ke depan.(ant/tin/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
25o
Kurs