Rabu, 19 Januari 2022

Pandemi, UKWMS Gelar Wisuda Luring dan Daring

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Wisuda luring dan daring dilakukan di masa pandemi Covid-19 oleh UKWMS. Foto: Humas UKWMS

Pandemi Covid-19 membuat Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) menggelar Upacara Wisuda secara luring drive-thru dan daring bertempat di Lobby Auditorium UKWMS Kampus Pakuwon City. Upacara Wisuda Semester Gasal 2020/2021 dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Wisuda UKWMS kali ini mengukuhkan 756 wisudawan yang terdiri dari Pascasarjana 37 wisudawan, Strata Satu (S-1) 708 wisudawan, dan Diploma Tiga (D-3) sebanyak 11 wisudawan. Total wisudawan adalah gabungan dari UKWMS Kampus Kota Surabaya dan Madiun.

Lulusan kali ini turut menghantarkan lima wisudawan yang merupakan lulusan pertama dari Fakultas Kewirausahaan UKWMS. Mereka berhasil menuntaskan studi dengan predikat cum laude dan berhak menyandang gelar Sarjana Bisnis (S.Bns) di belakang namanya.

Pada wisuda kali ini sedikit berbeda dari biasanya. Bila dana bakti sosial (baksos) dari para wisudawan biasanya diperuntukkan membangun maupun memperbaiki infrastruktur di suatu desa, kali ini UKWMS fokus pada bencana yang menimpa beberapa wilayah di Indonesia.

Melalui gerakan UKWMS Peduli Bencana yang digagas sejak Februari 2021, dana baksos yang terkumpul dari para wisudawan digabungkan dengan donasi dari para civitas akademika maupun masyarakat umum.

“Donasi yang terkumpul tersebut disalurkan kepada kelompok yang sangat terdampak oleh pandemi dan bencana alam diantaranya, longsor di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, banjir di Kabupaten Kalimantan Selatan, gempa di Kabupaten Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat, banjir dan longsor di Manado, Sulawesi Utara, dan erupsi Gunung Semeru Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, dengan total sumbangan Rp. 125 juta yang disalurkan melalui Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas, Surya Edukasi Bangsa Foundation, dan Yayasan Kasih Bangsa Surabaya,” terang Clara Tjahaya Candrasari, S.Pd., Ketua Umum Panitia Wisuda UKWMS, Sabtu (20/3/2021).

Prosesi wisuda secara drive thru, dilanjutkan dengan wisuda secara daring. Jumlah wisudawan yang memilih drive-thru meningkat dibanding tahun sebelumnya. Tercatat 110 wisudawan memilih wisuda drive-thru didampingi keluarga.

UKWMS menerbitkan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) atau Diploma Supplement bagi para lulusannya. “Hal ini sebagai bentuk apresiasi atas keberhasilan seorang mahasiswa menjalani seluruh proses pembelajaran yang penuh tantangan, serta dokumen ini dapat menggambarkan kemampuan kerja, pengetahuan dan keterampilan yang dikuasai, sikap khusus, penghargaan atas prestasinya, dan soft skill yang dimiliki setiap lulusan,” pungkas Drs. Kuncoro Foe, G.Dip.Sc., Ph.D., Apt., Rektor UKWMS.(tok/ras)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Senja Penutup Tahun

Truk Derek Ringsek Setelah Tabrak Truk Gandeng Parkir

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Surabaya
Rabu, 19 Januari 2022
24o
Kurs