Kamis, 20 Januari 2022

Pembangunan Jalan Baru Pertigaan Suko Sidoarjo Sudah 90 Persen

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ahmad Muhdlor Ali Bupati Sidoarjo beberapa waktu lalu ikut membongkar bangunan eks balai desa Suko yang lokasinya sekarang dibuatkan jalan akses baru, untuk mengurangi kemacetan di pertigaan tersebut. Foto: Humas Pemkab Sidoarjo

M. Yunan Khoiron, Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Sidoarjo mengatakan pembangunan jalan baru di pertigaan Pasar Suko hampir rampung.

“Pembangunan Jalan Suko sampai saat ini sudah mendekati 90 persen. InsyaAllah besok kami aspal, maksimal besok sudah jadi jalan yang bisa dilewati,” kata Yunan kepada suarasurabaya.net, Rabu (8/12/2021).

Pengerjaan pembangunan membutuhkan waktu sekitar 15 hari. Sudah termasuk waktu pembongkaran bangunan eks Pasar Suko dan eks Balai Desa Suko, serta pembangunan jalan baru.

Pengerjaan jalan baru di Pertigaan Suko Sidoarjo. Foto: Istimewa

Yunan menambahkan, pembangunan jalan dari yang mulanya satu lajur dibuat menjadi dua lajur.

Jalan di sisi selatan diperlebar menjadi 9,5 meter dari awalnya hanya 5 meter. Lalu di tengah jalan juga dibuat pulau jalan.

Sedangkan untuk yang di sisi utara, jalan dilebarkan menjadi 8 meter dengan tambahan trotoar 1,5 meter.

Saat selesai nantinya, Pemkab Sidoarjo akan melakukan pengaturan lalu lintas di sana.

“Walaupun jalan sudah lebar tapi tetap ada pengaturan lalu lintas di sana. Masuknya yang awal dari satu sisi selatan akan dirubah jadi dua lajur. Orang bisa keluar dari sisi selatan masuknya dari sisi utara. Atau dibalik bisa juga, orang keluar dari utara masuk dari selatan. Nanti akan kami dukung dengan rambu-rambu, karena koordinasinya dengan teman-teman Dishub,” terangnya.

Nantinya, Yunan menambahkan, juga akan dibuat taman di pulau jalan di ujung timur dan utara.

Pembangunan jalan baru ini diharapkan dapat mengurai kemacetan di sekitar pertigaan Suko.

“Di sana pemukiman padat, dengan bertambahnya perumahan di sana kalau mengandalkan yang awal hanya satu lajur sudah dipastikan pagi sore macet di sana. Dengan dibangunnya jalan baru, dipastikan bisa menambah kecepatan orang keluar masuk di sana,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut pihaknya juga mengatakan, di tahun depan Pemkab Sidoarjo akan melakukan betonisasi di 25 ruas jalan.

“Ke depan ada sekitar 25 ruas jalan yang kami beton tahun depan, kami tingkatkan kapasitasnya, selain dibeton ya dilebarkan. Sementara ini yang sedang dibangun Frontage Aloha sama jalan kecil-kecil yang belum bisa kami sebutkan satu persatu,” paparnya.(dfn/rst)

 

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Senja Penutup Tahun

Truk Derek Ringsek Setelah Tabrak Truk Gandeng Parkir

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Surabaya
Kamis, 20 Januari 2022
30o
Kurs