Rabu, 25 Mei 2022

Pembangunan RSUD Sidoarjo Barat Dimulai, Targetnya Tuntas Akhir 2021

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan

Ahmad Muhdlor Ali (Gus Muhdlor) Bupati bersama Jajaran Forkopimda Sidoarjo meletakkan batu pertama (groundbreaking) dimulainya pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sidoarjo Barat.

Di acara yang juga dihadiri wakil ketua dan anggota DPRD Sidoarjo, Jumat (2/7/2021), Gus Muhdlor menyampaikan target pembangunan RSUD Sidoarjo Barat itu bisa selesai akhir 2021 mendatang.

RSUD Sidoarjo Barat adalah Rumah Sakit Tipe C berkapasitas 144 tempat tidur rawat inap. Rumah sakit ini akan dilengkapi pelayanan ortopedi atau pelayanan spesialis otot dan tulang.

Pembangunan RSUD Sidoarjo Barat, yang tak kunjung terealisasi sejak era Saiful Ilah Bupati Sidoarjo sebelumnya, itu didanai dengan APBD tahun berjangka (multi-years) senilai Rp124 miliar.

Rumah sakit itu akan berdiri di atas lahan seluas 5 hektare di Jalan Raya Tambak Kemerakan, Kecamatan Krian, Sidoarjo. Tepatnya di jalur akses utama Jalan Raya Krian menuju Taman.

“Target kami, pembangunan RSUD SiBar (Sidoarjo Barat) ini selesai enam bulan ke depan atau akhir tahun ini. Kami minta pemenang lelang bisa penuhi target ini dengan kualitas bangunan yang harus bagus” kata Gus Muhdlor.

Percepatan pembangunan RSUD Sidoarjo Barat, kata Gus Muhdlor, merupakan bentuk pemerataan dan peningkatan kualitas pelayanan kesehatan bagi warga di wilayah Sidoarjo Barat.

“Rumah Sakit ini akan meng-kaver lima kecamatan. Daei Krian, Balongbendo, Taman, Wonoayu, dan Prambon. Ini upaya Pemkab memberikan pelayanan maksimal, pemerataan, dan peningkatan kualitas pelayanan kesehatan,” terang Muhdlor.

Gus Muhdlor menjelaskan, setelah peluncuran program Universal Health Coverage (UHC) yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, Pemkab perlu menambah fasilitas kesehatan untuk masyarakat.

“Penambahan Rumah Sakit ini sudah jadi kebutuhan setelah kemarin kami luncurkan UHC yang menjamin warga Sidoarjo dapat pelayanan kesehatan. Sekarang kami fokus memperbanyak fasilitas kesehatannya,” ujarnya.

Selain RSUD Sidoarjo Barat, rencananya, Pemkab Sidoarjo juga segera membangun satu Rumah Sakit lagi yang berlokasi di wilayah kecamatan Sukodono untuk memberikan kemudahan akses kesehatan.(den/iss)

Berita Terkait

Surabaya
Rabu, 25 Mei 2022
27o
Kurs