Kamis, 18 April 2024

Pemerintah Antisipasi Peningkatan Mobilitas Orang Periode Libur Panjang Akhir Tahun

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Wiku Adisasmito Juru Bicara Satgas Covid-19. Foto: Biro Pers Setpres

Wiku Adisasmito Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 mengatakan, pemerintah berupaya mengantisipasi peningkatan mobilitas masyarakat jelang masa libur Natal dan Tahun Baru.

Pemantauan khusus akan diterapkan pada pelaku perjalanan internasional, sehubungan rencana pembukaan Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, mulai 14 Oktober 2021.

Menurut Profesor Wiku, pemerintah sedang menyusun kebijakan antisipasi gelombang ketiga Covid-19 pascalibur panjang, dengan mengedepankan prinsip kehati-hatian.

“Pembukaan pintu masuk internasional tersebut pun akan tetap memperhatikan pemenuhan syarat perjalanan dan mekanisme skrining setelah masuk di Indonesia,” ujarnya di Graha BNPB, Jakarta, Selasa (5/10/2021).

Untuk mencegah masuknya Virus Corona varian baru, pemerintah, kata Wiku, melakukan pemantauan lewat Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan dengan dukungan 17 laboratorium yang mampu melakukan whole genome sequencing (WGS).

Wiku menegaskan, nantinya hasil pemantauan akan disampaikan secara transparan kepada masyarakat.

Lebih lanjut, Profesor Wiku mengingatkan supaya seluruh elemen masyarakat mempertahankan kondisi penyebaran Covid-19 yang terkendali, dengan cara tetap disiplin protokol kesehatan.

Koordinator Tim Pakar Satgas Penanganan Covid-19 juga meminta pemerintah daerah serius melakukan pengawasan berbagai kegiatan masyarakat.

Dia mengimbau pemerintah daerah juga melakukan sosialisasi massif di daerahnya, terutama terkait kedisiplinan protokol kesehatan.

Seperti diketahui, berdasarkan pengalaman dua kali kejadian gelombang kasus infeksi Virus Corona di Tanah Air, lonjakan terjadi sesudah adanya mobilitas orang yang massif pada masa libur Lebaran Idulfitri, Natal dan Tahun Baru 2021.

Merespon lonjakan kasus yang signifikan, pemerintah terpaksa menerapkan pembatasan kegiatan masyarakat dan mobilitas lewat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di seluruh wilayah Indonesia.(rid/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
30o
Kurs