Jumat, 26 Februari 2021

Pemerintah Harap Seluruh Elemen Bekerja Sama Tekan Penyebaran Covid-19

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Budi Gunadi Sadikin Menkes memberikan keterangan di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (26/1/2021). Foto: biro pers setpres

Jumlah kasus Covid-19 di Indonesia, per hari ini, Selasa (26/1/2021), mencapai lebih dari satu juta.

Budi Gunadi Sadikin Menteri Kesehatan mengatakan, pemerintah dan seluruh elemen masyarakat harus bekerja sama menekan penyebaran Virus Corona di Tanah Air.

“Angka ini membuat kita harus merenung dan ada dua momen penting yang harus kita sadari. Ini saatnya kita untuk berduka karena ada banyak saudara-saudara kita yang sudah wafat. Momen kedua, kita juga harus sadar bahwa kita harus bekerja sangat keras sehingga pengorbanan yang sudah dilakukan oleh rekan-rekan kita, terutama tenaga kesehatan, itu tidak sia-sia,” ujarnya di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (26/1/2021).

Untuk mengurangi laju penularan, kata Menkes, ada dua hal yang harus dilakukan bersama-sama.

Pertama, disiplin menjalankan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan.

Yang kedua, melakukan pengujian, pelacakan, dan isolasi mandiri pasien Covid-19, serta pihak lain yang melakukan kontak erat.

Kementerian Kesehatan, lanjut Budi Gunadi, terus melakukan identifikasi, pelacakan kontak erat, dan menyiapkan tempat isolasi mandiri supaya pasien Covid-19 tidak menularkan virus ke orang-orang di sekitarnya.

“Kita harus mengurangi laju penularan dari virus sehingga fasilitas kesehatan yang kita miliki tidak terlalu berat bebannya, memiliki waktu yang lebih banyak untuk merespons terhadap virus ini, dan bisa secara gradual terus mengurangi penularan virus ini sampai insyaallah suatu saat kita bisa menghilangkannya sama sekali,” paparnya.

Menkes menyadari, butuh kerja ekstra keras dan kebersamaan seluruh pihak untuk mengatasi pandemi.

Dia yakin, kalau seluruh Rakyat Indonesia bersatu, berbagai persoalan lebih mudah diselesaikan.(rid/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Rumah di Wonosari Surabaya

Truk Tabrak Warung di Sidoarjo

Truk Terguling di Prigen

Terguling dan Muatannya Tumpah

Surabaya
Jumat, 26 Februari 2021
30o
Kurs