Minggu, 29 Mei 2022

Pemerintah Jalankan Tiga Strategi untuk Hidup Bersama Covid-19

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
luhut-binsar-pandjaitan Luhut Binsar Pandjaitan Menko Marves. Foto: dok. suarasurabaya.net

Luhut Binsar Pandjaitan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi mengatakan, pemerintah terus mempersiapkan supaya masyarakat bisa hidup bersama dengan Covid-19.

Untuk itu, ada tiga strategi yang dijalankan pemerintah. Pertama, meningkatkan cakupan vaksinasi untuk kelompok rentan seperti orang-orang lanjut usia.

“Strategi kedua, meningkatkan pengetesan, penelusuran, dan perawatan (testing, tracing, treatment), termasuk mengoptimalkan penanganan pasien di lokasi isolasi terpusat,” ujarnya dalam keterangan pers virtual, di Jakarta, Senin (13/9/2021) malam.

Lalu, strategi ketiga, meningkatkan kepatuhan masyarakat pada protokol kesehatan, dan implementasi aplikasi PeduliLindungi.

Kalau capaian vaksinasi masih rendah, kata Luhut, ketiga strategi itu akan ditambah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berjenjang seperti yang berlaku sekarang.

Seperti diketahui, pemerintah kembali memperpanjang PPKM berjenjang (Level 4, 3, 2 dan 1) di Jawa-Bali selama sepekan ke depan, mulai 14 sampai 20 September 2021.

Pemerintah menilai, PPKM berjenjang yang mulai diberlakukan akhir Juli 2021, efektif mengendalikan penyebaran Covid-19.

Berdasarkan evaluasi PPKM Jawa-Bali sepekan terakhir, pemerintah mengklaim ada penurunan jumlah kasus baru sebanyak 96 persen dibandingkan puncak kasus tertinggi pada 15 Juli 2021.

Efektivitas PPKM juga terlihat dengan penurunan jumlah kabupaten/kota di Jawa-Bali yang menerapkan PPKM Level 4, dari 11 menjadi 3 daerah kabupaten/kota.

Rencananya, PPKM akan terus diterapkan selama masa pandemi, untuk mengontrol penyebaran kasus infeksi Virus Corona di berbagai wilayah Indonesia.(rid/den)

Berita Terkait

Surabaya
Minggu, 29 Mei 2022
29o
Kurs