Selasa, 30 April 2024

Pemerintah Mendorong Daerah Berupaya Maksimal Menurunkan Level Pandemi Covid-19

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berjenjang dari Level Satu sampai Level Empat, merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mengendalikan pandemi Covid-19.

Wiku Adisasmito Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 mengatakan, memasuki pekan keenam PPKM, belum ada daerah di Pulau Jawa dan Bali yang berstatus Level Satu.

Dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 30 Tahun 2021, ada 128 kabupaten/kota dari tujuh provinsi di Pulau Jawa dan Bali yang menerapkan PPKM Berjenjang mulai tanggal 10 sampai 16 Agustus 2021.

Dari jumlah itu, cuma ada dua daerah yang menerapkan PPKM Level Dua, yaitu Kabupaten Tasikmalaya di Jawa Barat, dan Kabupaten Sampang di Jawa Timur.

Kemudian, ada 55 kabupaten/kota yang menerapkan PPKM Level Tiga. Sedangkan daerah yang menerapkan PPKM Level Empat sebanyak 71 kabupaten/kota.

Profesor Wiku berharap, setiap daerah terpacu untuk menurunkan tingkat penanganan pandemi menjadi Level Satu.

“Belum ada kabupaten/kota di Indonesia yang berada di Level Satu. Kami berharap setiap daerah terpacu untuk melakukan upaya pengendalian yang lebih baik,” ujarnya di Graha BNPB, Jakarta, Selasa (10/8/2021).

Sekadar informasi, merujuk rekomendasi organisasi kesehatan dunia (WHO), penanganan pandemi Covid-19 terbagi dalam lima jenjang mulai dari nol sampai empat.

Indikatornya antara lain kecukupan kapasitas respons sistem kesehatan, seperti kapasitas pengetesan, pelacakan dan penanganan kasus Covid-19 di suatu wilayah.

Level Nol berarti wilayah itu punya respons yang memadai, dan tidak ada kasus infeksi. Sedangkan Level Empat menandakan transmisi virus sangat tinggi sementara kapasitas respons terbatas.(rid/dfn/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kurs
Exit mobile version