Senin, 15 April 2024

Pemerintah Targetkan Vaksinasi Petugas Pelayanan Publik Selesai Mei 2021

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Ilustrasi vaksinasi di pedulilindungi.id

Pemerintah segera melanjutkan program vaksinasi Covid-19 tahap kedua dan ketiga, untuk masyarakat kelompok lanjut usia (lansia), dan petugas pelayanan publik.

Wiku Adisasmito Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 mengatakan, Kementerian Kesehatan menargetkan vaksinasi untuk petugas pelayanan publik selesai bulan Mei 2021.

“Vaksinasi tahap pertama targetnya 1.468.764 orang tenaga kesehatan dan medis. Tahap selanjutnya, untuk petugas pelayanan publik yang ditargetkan selesai bulan Mei 2021,” ujarnya di Graha BNPB, Jakarta, Selasa (16/2/2021).

Selanjutnya, pendataan masyarakat penerima vaksin merujuk pada basis data BPJS Kesehatan, Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri, dan hasil koordinasi dengan kementerian/lembaga terkait.

Untuk menentukan urutan kelompok masyarakat penerima vaksin, kata Wiku, pemerintah memperhatikan sejumlah faktor penting.

Antara lain jumlah kasus dan tingkat penularan, kesiapan penyimpanan vaksin, dan daerah yang sudah mencapai target cakupan vaksinasi tenaga kesehatan.

Sekadar informasi, Kementerian Kesehatan sudah merencanakan empat tahap pelaksanaan program vaksinasi Covid-19, dengan target 181 juta orang di seluruh Indonesia.

Hal itu diatur dalam Keputusan Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Nomor HK.02.02/4/1/2021 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19.

Tahap pertama dan tahap kedua dijadwalkan mulai Januari sampai April 2021. Sedangkan tahap ketiga dan tahap keempat akan dilaksanakan mulai April 2021 sampai Maret 2022.

Sasaran vaksinasi Covid-19 tahap pertama adalah tenaga kesehatan, tenaga medis, tenaga penunjang serta mahasiswa kedokteran yang bekerja pada fasilitas pelayanan kesehatan.

Kemudian, sasaran vaksinasi Covid-19 tahap kedua adalah petugas pelayanan publik TNI-Polri, aparat penegak hukum, dan petugas pelayanan publik di bandara, pelabuhan, stasiun atau terminal.

Lalu, para pekerja di bidang perbankan, PLN, PDAM, petugas lain yang melayani masyarakat, serta masyarakat kelompok lansia 60 tahun atau lebih.

Sasaran vaksinasi Covid-19 tahap ketiga adalah masyarakat kelompok rentan tertular dari aspek geospasial, sosial, dan ekonomi.

Vaksinasi tahap keempat, targetnya adalah masyarakat dan pelaku perekonomian lainnya dengan pendekatan klaster sesuai ketersediaan vaksin.(rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 15 April 2024
30o
Kurs