Jumat, 29 Maret 2024

Pendopo Pemkab Gresik Jadi Dapur Umum untuk Warga Terdampak Covid-19

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Bupati Gresik bersama Wakil Bupati Gresik memantau langsung kesiapan dan aktivitas di dapur umum tersebut, Jumat (30/7/2021). Foto: Humas Pemkab Gresik

Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) Bupati Gresik menjadikan pendopo rumah dinasnya sebagai posko dapur umum untuk menyediakan makanan siap saji bagi warga yang terdampak Covid-19. Terlebih bagi mereka yang sedang menjalani isolasi mandiri.

“Dapur umum ini menyiapkan setidaknya 80 nasi kotak setiap hari, terdiri dari nasi, telur ayam, lauk, sayuran, dan susu,” kata Gus Yani melalui keterangan tertulis yang diterima suarasurabaya.net, Jumat (30/7/2021).

Dapur umum ini hasil kerja sama Pemkab Gresik, Tim Penggerak PKK Kabupaten Gresik, Fatayat NU, Lembaga Amil Zakat, Ikatan Istri Dokter Indonesia, juga Ikatan Ahli Gizi dan Pramuka.

Gus Yani sangat mengapresiasi keterlibatan komponen masyarakat yang dengan sukarela membangun sinergitas bersama Pemkab dalam menanggulangi situasi pandemi Covid-19 seperti saat ini.

“Segala bentuk upaya terus kita lakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang terdampak, salah satunya dengan mendirikan dapur umum yang terpusat di pendopo Kabupaten Gresik ini. Kami sangat mengapresiasi keterlibatan komponen masyarakat yang dengan sukarela mau terlibat di dalamnya. Bagi siapa pun yang ingin terlibat dan bersinergi bersama pemerintah dalam upaya penanggulangan Covid-19, kami membuka pintu selebar-lebarnya,” kata Gus Yani.

Sementara itu, Aminatun Habibah Wakil Bupati Gresik juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua unsur yang terlibat. Menurutnya, dengan keterlibatan sejumlah unsur masyaraat itu turut membantu meringankan tugas pemerintah dalam penanggulangan Covid-19. Di samping itu juga turut meringankan beban masyarakat di tengah situasi pandemi Covid-19 ini.

Selain itu, terkait wilayah pendistribusiannya, Wabup mengatakan bahwa akan dilakukan secara bergantian setiap harinya. “untuk wilayah distribusinya nanti akan dilakukan secara bergantian dan saat ini kami fokuskan untuk menyediakan makan malam,” kata Habibah.

Dia berpesan kepada relawan yang terlibat untuk tetap semangat demi kemanusiaan dan demi mayarakat Gresik. Di samping itu, pemerintah juga akan terus berikhtiar memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dan berharap agar pandemi ini segera berakhir.(iss/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
29o
Kurs