Jumat, 19 April 2024

Pemkot Surabaya Siapkan 10 Tambahan Mobil Vaksinasi Keliling

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Mobil Respon Cepat Vaksinasi Keliling dilaunching hari ini, Selasa(16/8/2021) di halaman Tugu Pahlawan. Foto : Manda Roosa suarasurabay.net

22 Mobil Respon Cepat Vaksin Keliling Surabaya hari ini resmi diluncurkan. Dalam waktu dekat Pemkot Surabaya akan menambah 10 mobil lagi untuk percepatan vaksinasi di Kota Pahlawan.

Bertempat di halaman Tugu Pahlawan Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya, Kombes Akhmad Yusep Gunawan Kapolrestabes Surabaya, dan Irjen Pol Nico Afinta Kapolda Jawa Timur, meluncurkan mobil vaksin keliling, Senin (16/8/2021).

“22 mobil respons cepat vaksin keliling merupakan program yang dimotori oleh Polrestabes Surabaya. Setidaknya sekarang ada 22 mobil, rencananya ada penambahan 10 unit lagi dari Wali Kota Surabaya,” kata Kombes Akhmad Yusep Gunawan.

Mobil vaksin yang diluncurkan sudah siap untuk digunakan keliling, lengkap dengan para tenaga kesehatan (nakes). Satu mobil vaksin keliling ini bisa melayani 100 hingga 300 dosis.

Kombes Pol Akhmad Yusep Gunawan menjelaskan, untuk mekanismenya, warga cukup mendatangi kantor kecamatan atau titik lokasi yang sudah ditentukan oleh Dinkes.

Warga yang akan divaksin juga dikoordinir oleh pihak kecamatan dan kelurahan setempat untuk datang ke lokasi sesuai jadwal yang ditentukan.

Keberadaan mobil ini bertujuan melayani masyarakat yang tidak bisa hadir ke gerai vaksin.

“Misalnya nelayan, buruh, lansia, bahkan pelajar juga kami layani seperti beberapa waktu yang lalu kita gelar di SMP Negeri 1 Surabaya,” paparnya.

Eri Cahyadi menargetkan, vaksinasi Covid-19 bisa segera menjangkau seluruh warga, salah satunya dengan mobil keliling ini. Dan ketika vaksinnya habis akan segera dikirim lagi.

“Saya katakan, ketika vaksin habis dan saya melapor ke Pak Pangdam dan Kapolda langsung dikirim 3 ribu dosis vaksin,” ungkapnya.

Eri menyampaikan, kebersamaan dan gotong royong inilah yang harus dijaga dan dijalankan.

“Dengan dukungan dari Polri, TNI, maupun Pemprov Jatim, kami menjadi satu bagian dalam arahan Ibu Gubernur dan Kapolda, Pangdam, Kajati untuk percepatan vaksin di Surabaya Raya. Setelah Surabaya selesai, kami siap di Gresik, Lamongan, Sidoarjo, maupun daerah lain,” tegas Eri.

Berdasarkan data yang tercatat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sampai Sabtu (14/8/2021) kemarin masyarakat Surabaya yang sudah dapat dosis pertama mencapai 74 persen. Sementara itu, untuk dosis kedua sudah mencapai 50 persen.

“Ini dihitung warga Surabaya, namun, kan juga ada yang bukan warga (Surabaya), namun kerja. Berangkat siang pulang malam,” terangnya.

Nico Afinta Kapolda Jatim yang turut hadir di acara ini mengatakan, Covid-19  ini selain ujian juga menguji bagaimana kita bersatu dalam mengatasi permasalahan.

“Saya yakin kalau bisa melawati ujian ini maka ujian lain bisa kita lewati,” katanya.

Ia juga memberikan apresiasi kepada Pemkot Surabaya dan jajarannya yang sudah melakukan banyak inovasi.

“Ke depan saya berharap banyak hal lain yang diciptakan dan menjadi contoh kita semua,” ujarnya.

Ia berharap, dengan lahirnya mobil vaksin keliling masyarakat merupakan wujud nyata  akan lebih mudah dalam mendapatkan pelayanan vaksinasi Covid-19.

“Sehingga dari situlah akan terbentuk herd immunity di Kota Surabaya,” tegas Nico Afinta. (man/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
30o
Kurs