Rabu, 1 Mei 2024

Pengecekan Rutin Dilakukan, Perjalanan Kereta Api di Timur Jawa Aman

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Kereta api lokal melintas di Jalan Ahmad Yani, Surabaya. Foto: PT KAI

Pengecekan rutin terkait sarana dan prasarana untuk moda transportasi kereta api memang terus dilakukan. Termasuk pasca terjadinya awan panas guguran Semeru, agar perjalanan tetap aman dan nyaman.

“Secara rutin pengecekan pada sarana dan prasarana perjalanan kereta api, termasuk rel dan jalur perjalanan memang dilakukan. Termasuk juga untuk masing-masing kereta api dan gerbong juga dilakukan pengecekan secara rutin,” terang Luqman Arif Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Rabu (8/12/2021).

Lebih lanjut Luqman menyampaikan bahwa saat ini pihaknya juga terus menerima laporan dari para masinis khususnya mereka yang bertugas menjalankan kereta api tujuan kota-kota di timur Jawa pasca awan anas guguran Semeru.

Laporan soal jarak pandang masinis terkait hujan maupun guguran abu pada perjalanan kereta api juga jadi perhatian. “Selama jarak pandang masih aman, tentunya perjalanan kereta api juga tetap aman,” tambah Luqman.

Sampai Rabu (8/12/2021) terkait dengan jadwal perjalanan kereta api tujuan ke Jember, Banyuwangi dan Ketapang, Luqman menegaskan tidak ada perubahan. “Jadwal perjalanan sejumlah kereta tujuan Jember, Ketapang maupun Banyuwangi sampai saat ini tetap berjalan seperti biasa. Belum ada perubahan,” tegas Luqman.

Sementara itu, beberapa perjalanan kereta api atau kereta api yang masih beroperasi tujuan timur Jawa diantaranya adalah Probowangi relasi Surabaya – Ketapang pp, KA Sritanjung relasi Ketapang- Surabaya- Yogyakarta pp, KA Logawa relasi Jember- Surabaya- Purwokerto pp, KA Ranggjati relasi Jember- Surabaya- Cirebon pp dan KA Wijaya Kusuma relasi Ketapang-Surabaya- Cilacap pp.(tok/tin/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 1 Mei 2024
27o
Kurs