Selasa, 16 April 2024

Pengunggah Parodi Indonesia Raya Ternyata Orang Indonesia dan Masih di Bawah Umur

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Brigjen (Pol) Argo Yuwono. Foto: dok/Faiz suarasurabaya.net

Pengunggah parodi lagu Indonesia Raya ternyata orang Indonesia yang usianya masih di bawah umur. Ini terungkap setelah tim Siber Bareskrim Polri menangkap pelakunya di Cianjur, Jawa Barat.

Irjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono Kepala Divisi Humas Polri mengatakan pelaku inisialnya MDF, seorang anak berusia 16 tahun.

“Tadi malam seorang laki-laki diamankan atau ditangkap karena sudah menjadi tersangka. Ditangkap di Cianjur, inisialnya MDF, umurnya 16 tahun,” ujar Argo dalam konferensi pers di kantor Bareskrim Polri, jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Jumat (1/1/2021).

Menurut Argo, MDF masih berstatus sebagai pelajar. Pengungkapan kasus ini, kata Argo, berkat kerjasama antara Polri dengan Polisi Diraja Malaysia (PDRM).

“Jadi PDRM memeriksa seorang saksi yang masih anak-anak di daerah Lahad, Datu, Sabah, Malaysia, dan bocah tersebut mengaku kalau pelaku parodi Indonesia Raya adalah orang Indonesia,” jelas Argo.

Menurut dia, bocah tersebut mengatakan kalau pengunggah parodi lagu Indonesia Raya itu adalah pemilik akun Youtube ‘My Asean’.

Dari informasi tersebut, kata Argo, tim Bareskrim kemudian bergerak dan mengamankan seorang laki-laki yakni MDF beserta barang buktinya di sebuah rumah kontrakan di daerah Cianjur, Jawa Barat.

Argo menegaskan MDF dijerat dengan pasal UU ITE karena diduga telah melakukan tindak pidana menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras dan antar golongan (SARA) sebagaimana dimaksud dalam pasal 45 ayat 2 jo pasal 28 ayat 2 UU no 19 tahun 2016 tentang perubahan atas UU no 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

MDF juga disangka melakukan tindak pidana mengubah lagu kebangsaan sebagaimana dimaksud dalam pasal 64 a jo pasal 70 UU no 24 tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan.(faz/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 16 April 2024
29o
Kurs