Sabtu, 27 April 2024

PENS Sosialisasi Verifikasi Validasi Data SNMPTN dan SNMPN 2021

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Ilustrasi

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), Selasa (19/1/2021) gelar sosialisasi tentang verifikasi dan validasi data jalur pendaftaran SNMPTN dan SNMPN 2021 oleh Pusat Data dan Teknologi Informasi Kemendikbud (Pusdatin) Kemendikbud.

L. Manik Mustikohendro Kepala Bidang Data dan Statistik Pendidikan Kemendikbud, menyampaikan tentang tata kelola data yang nantinya SNMPTN mengambil data pendaftar dari Pusdatin sebagai data awal, sedangkan SNMPN sudah menerapkan pengambilan data pendaftar dari Pusdatin pada tahun 2020.

“Pada amanat UUD 45, pasal 31 tertulis setiap warga negara berhak mendapat pendidikan, poin satu ini menjadi kata kunci bahwa bagaimana kita memastikan warga negara mendapat pendidikan dengan cara melakukan pendataan kepada setiap siswa atau peserta didik seluruh Indonesia,” terang Manik sapaan L. Manik Mustikohendro.

Saat hendak mendaftar SNMPTN maupun SNMPN data tersebut didapat dari satu referensi yang dinamakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) khusus guru. Dan nantinya NISN akan dikaitkan dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Sehingga data dari setiap siswa harus benar dan sesuai dengan data kependudukan.

Verifikasi dan validasi, lanjut Manik ditujukan untuk memastikan data peserta didik unik dan tunggal dalam artian data siswa tidak terduplikasi. Proses tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa data ini terintegrasi dengan baik, sehingga saat siswa melanjutkan sekolah dengan jenjang lebih tinggi data record tersebut tetap terjaga dengan baik, hal ini dinamakan dengan Rekam Didik.

Ditambahkan Ismail Yusuf staff bidang Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud bahwa proses verifikasi validasi data peserta didik untuk memastikan peserta didik terdata dengan baik. Karena sumber data berasal dari produsen data yaitu Dapodik dan juga dari EMIS. Data tersebut di integrasikan ke Pusdatin maka akan masuk proses verifikasi validasi.

Permasalahan yang sering terjadi dalam pengisian verifikasi dan validasi data pihak sekolah adalah inkonsistensi antara semester ganjil ke semester genap dan tentunya akan berpengaruh sehingga data tersebut akan tertangkap oleh residu-residu data Pusdatin.

Dengan adanya residu dalam pengisian verifikasi dan validasi data dapat mempengaruhi kuota saat pendaftaran SNMPTN. Oleh sebab itu, pihak sekolah harus dapat memastikan terlebih dahulu bahwa data yang di input sudah valid.

“Biasanya permasalahan dalam verifikasi dan validasi data terdapat pada siswa bermasalah dalam hal administrasi, serta masalah-masalah ini timbul hanya dari beberapa siswa saja yang dari awal tidak mengikuti aturan administrasi dengan benar sehingga berakibat pada data siswa tersebut,” tambah Manik.

Selain itu, pada sosialisasi kali ini juga mengenalkan departemen yang ada di PENS. Diantaranya Departemen Teknik Elektro, Departemen Teknik Informatika dan Komputer, Departemen Mekanika Energi, dan Departemen Teknologi Multimedia Kreatif. Mulai dari pengenalan program studi dari masing-masing departemen, mata kuliah keahlian yang diajarkan hingga partner industri.

Sementara itu disampaikan Zainal Arief Direktur Politeknik Elektronika Negeri Surabaya bahwa pendaftaran dan seleksi tahun ini dilakukan secara online, maka masyarakat terutama peserta didik diminta untuk cermat dan teliti dalam mencari informasi seputar jalur penerimaan mahasiswa baru jalur vokasi.

“Supaya tidak salah dalam memilih jalur penerimaan, peserta didik diharapkan untuk mengakses informasi yang tertera pada laman LTMPT untuk jenjang sarjana terapan dan Pusat Informasi Politeknik Negeri se Indonesia melalui laman http://politeknik.or.id/,” tegas Zainal Arief, Selasa (19/1/2021).

Zainal Arief juga berharap bisa memberikan informasi yang lebih komperhensif sebelum siswa atau peserta didik memilih program studi yang diinginkan di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) serta mengingatkan agar selalu melihat jadwal pelaksanaan baik itu di SNMPTN maupun di SNMPN agar tidak terlewat batas waktu pendaftaran.

Khususnya SNMPTN yang jadwal pendaftaran lebih singkat dan perlu menjadi perhatian, tentunya juga jadwal SNMPN jenjang Diploma 3 diperhatikan batas akhir dari setiap program.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
28o
Kurs