Jumat, 26 April 2024

Penyebab Surabaya Hujan di Musim Kemarau

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Ilustrasi. Grafis: suarasurabaya.net

Beberapa hari terakhir kondisi cuaca di Kota Surabaya kerap mendung, bahkan beberapa kali diguyur hujan. Padahal saat ini Kota Surabaya masih dalam masa musim kemarau.

“Untuk sebagian besar wilayah di Jawa Timur termasuk Surabaya kalau dari prakiraan klimat/iklim masih dalam masa musim kemarau,” ujar Teguh Tri Susanto Kasi Data dan Informasi BMKG Kelas I Juanda Surabaya, Selasa (14/9/2021).

Lebih lanjut Teguh mengungkapkan, adapun potensi hujan yang saat ini mengguyur Kota Surabaya, lebih disebabkan adanya gelombang equatorial rossby (ER) dan anomali suhu muka laut.

“Gelombang ini merupakan fenomena gelombang yang terjadi di fluida (atmosfer/lautan), yang berotasi secara berpasangan dan bergerak ke arah barat di sekitar kawasan ekuator,” jelas Teguh.

Gelombang ini, kata Teguh, memiliki karakteristik membawa massa udara bersifat basah. Hal ini membuat wilayah yang dilaluinya akan sering mengalami kondisi cuaca hujan atau setidaknya mendung.

Adapun gelombang ER terjadi secara periodik dan diprakirakan sampai hari ini, Rabu (15/9/2021).

Tak hanya itu, kondisi curah hujan di wilayah Jatim di dasarian I September 2021 masuk kriteria rendah. Sedangkan curah hujan pada dasarian II September 2021 diprakirakan kurang dari 50 mm dengan peluang lebih dari 80 persen di bagian utara Jatim dan Madura.

“Dasarian adalah rentang waktu selama 10 (sepuluh) hari. Dalam satu bulan dibagi menjadi 3 (tiga) dasarian,” kata Teguh. (man/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs