Minggu, 29 Mei 2022

Percepat Kekebalan Komunal, TNI AL Gelar Serbuan Vaksinasi di STTAL

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
vaksinasi-di-sttal-surabaya Vaksinasi di STTAL Surabaya, Kamis (30/9/2021). Foto: Istimewa

Percepat program pemerintah dalam pembentukan kekebalan komunal, Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) Surabaya, Jajaran TNI Angkatan Laut kembali gelar serbuan vaksinasi COVID-19 TNI AL di STTAL Surabaya, Kamis (30/9/2021).

Laksamana Pertama TNI Dr Ir Avando Bastari Komandan STTAL diwakili Kolonel Laut (E) Maulana Wakil Komandan STTAL dan didampingi sejumlah Pejabat Utama STTAL meninjau pelaksanaan vaksinasi itu.

Avando menyampaikan, kegiatan ini bekerja sama dengan vaksinator dari Tim Satuan Kesehatan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) Surabaya yang dipimpin Kasatkes Kodiklatal dengan didukung oleh Bakes STTAL.

“TNI AL, dalam hal ini STTAL terus berupaya membantu pemerintah mencapai target herd immunity guna mempercepat penanganan COVID-19 di Indonesia,” terang Wadan STTAL, Kamis (30/9/2021).

Vaksinasi massal dosis kedua di di Kampus STTAL Surabaya hari ini menyediakan 600 dosis vaksin Sinovac.

Di tempat berbeda, Komandan STTAL juga menjelaskan, serbuan vaksinasi Covid-19 TNI AL jenis Sinovac ini telah digelar STTAL beberapa kali.

Di antaranya vaksinasi dosis pertama di kampus STTAL mencapai 600 orang, vaksinasi dosis pertama di Kampus Universitas Negeri Surabaya menjangkau 540 orang, vaksinasi dosis pertama di Kampung Geluran, Taman, Sidoarjo mencapai 750 orang.

Secara keseluruhan serbuan Vaksin Covid-19 TNI AL yang diselenggarakan STTAL telah menjangkau 2.500 orang.

Lebih lanjut Kolonel Laut (E) Maulana juga menegaskan, kegiatan serbuan vaksinasi yang digelar STTAL untuk usia 12 tahun ke atas ini sesuai instruksi Laksamana TNI Yudo Margono Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) untuk membantu percepatan penanganan Covid-19.

Wadan STTAL juga mengucapkan terima kasih kepada jajaran terkait atas terselenggaranya kegiatan serbuan Vaksin COVID-19 jenis Sinovac dari TNI AL ini.

“Saya lihat animo masyarakat maritim begitu besar dengan adanya serbuan vaksin TNI AL di STTAL ini, hal ini bisa dilihat dari begitu banyaknya masyarakat yang mendaftar dan datang untuk melakukan vaksinasi. Artinya, kesadaran masyarakat untuk vaksin meningkat, sehingga diharapkan dapat mempercepat tercapainya kekebalan kelompok,” ujarnya.

Vaksinasi merupakan upaya tambahan untuk melindungi seseorang dari potensi penularan COVID-19. Namun, protokol kesehatan tetap mutlak dilakukan untuk memberikan perlindungan yang optimal.

“Sesuai Instruksi pemerintah dan rekomendasi para ahli kesehatan, dibutuhkan sampai penyuntikan vaksin Covid-19 dosis kedua bagi setiap individu guna menciptakan kekebalan tubuh yang optimal (herd immunity),” kata Letkol Laut Dr Joko Purnomo Kaprodi S1 Teknik Manajemen Industri STTAL selaku Ketua Panitia Vaksin STTAL.(tok/den)

Berita Terkait

Surabaya
Minggu, 29 Mei 2022
26o
Kurs