Selasa, 21 Mei 2024

Peringati Hari HAM, Pelindo Marines Bantu PAUD ABK

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Pelindo Marines, anak usaha BUMN Pelindo, memperingati Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia, yang diperingati hari ini, 10 Desember 2021, bersama Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), Jumat (10/12/2021). Foto: Humas Pelindo

Pelindo Marines, anak usaha BUMN Pelindo, memperingati Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia, yang diperingati hari ini, 10 Desember 2021, bersama Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).

Tema peringatan Hari HAM Sedunia Tahun 2021 ialah Equality – Reducing inequalities, advancing human rights (Kesetaraan – Mengurangi ketidaksetaraan, memajukan HAM).

Lia Indi Agustiana Direktur Keuangan, SDM, dan Umum Pelindo Marines bersama beberapa pegawai menyalurkan donasi ke Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Kelompok Belajar ABK Nusantara Kita, yang berlokasi di wilayah eks-lokalisasi Gang Dolly, Surabaya, Jumat (10/12/2021).

Pelindo Marines, anak usaha BUMN Pelindo, memperingati Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia, yang diperingati hari ini, 10 Desember 2021, bersama Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), Jumat (10/12/2021). Foto: Humas Pelindo

“Pelindo Marines ingin merefleksikan makna yang dalam dari tema tersebut, bersama adik-adik yang berkebutuhan khusus di Kelompok Belajar Nusantara Kita ini. Tentunya juga bersama para tokoh warga penggerak yang peduli dan para pendidik yang luar biasa tugas dan pengorbanannya di sini,” kata Lia Indi.

Lia Indi mengungkapkan, peran dan pengorbanan para tokoh warga dan pendidik berkontribusi luar biasa dalam usaha yang real dan berbuat nyata.

“Terutama dalam menghadirkan hak asasi yang penting bagi generasi muda di negara berkembang, yakni pendidikan. Terlebih untuk Anak Berkebutuhan Khusus yang merupakan kelompok rentan dan tinggal di lingkungan rentan, karena merupakan eks-lokalisasi”, ungkapnya.

Pada agenda rangkaian peringatan HUT Ke-10 Pelindo Marines tersebut, sekaligus disalurkan bantuan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Mariners Peduli, berupa dana operasional pendidikan.

Para mariners (sebutan pegawai Pelindo Marines) juga membawakan masker-masker anak yang dijahit spesial oleh para perajin di Tanggulangin, Sidoarjo, yang secara ekonomi terdampak Pandemi Covid-19.

Masker tersebut dibuat dengan memanfaatkan kain sisa produksi konveksi. Sehingga bisa dimanfaatkan dan tidak langsung menjadi sampah industri, maka lebih ramah lingkungan.

“Dalam kondisi Pandemi Covid-19, Pelindo Marines merajut kolaborasi para pemangku kepentingan untuk saling membantu. Seperti agenda hari ini yang tidak hanya bernuansa sosial, tetapi juga lingkungan,” tambah Lia Indi berdasarkan keterangan tertulis yang diterima suarasurabaya.net.

Soekarmiyati, Ketua PAUD dan KB Nusantara Kita, yang menerima secara simbolis bantuan tersebut menyampaikan terima kasih.

“Bantuan dana operasional dari Pelindo Marines dapat dimanfaatkan untuk membantu biaya pendidikan beberapa anak didik yang kondisi ekonomi kekurangan.”

“Sebagai pendidik, harapan kami semua anak usia dini dan termasuk ABK bisa mendapatkan pendidikan. Ini tentunya sejalan dengan semangat pemenuhan HAM,” jelasnya yang akrab disapa dengan panggilan Bu Nunik itu.

Sementara itu pada agenda yang sama, Sulu Indriatno, tokoh masyarakat setempat menambahkan, peran aktif warga dan para guru dalam menggerakkan pendidikan akan sangat terbantu dengan adanya dukungan dari banyak pihak.

“Dukungan dari perusahaan, seperti Pelindo Marines ini menyemangati kami sebagai warga setempat. Bila semua anak warga bisa bersekolah, kan orangtuanya lebih tenang dan lingkungan lebih kondusif. Selain itu sekolah (PAUD dan KB) juga sangat terbantu keberlanjutan operasionalnya,” katanya.(tin/den)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Selasa, 21 Mei 2024
28o
Kurs