Kamis, 25 April 2024

Persiapkan PTM dan Kekebalan Komunal, PENS Gelar Pengabdian Masyarakat lewat Vaksinasi

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Protokol kesehatan ketat diberlakukan pada peserta maupun panitia pelaksana vaksinasi Covid-19 di kampus PENS. Foto: Humas PENS

Mempersiapkan pembelajaran tatap muka (PTM) sekaligus mempercepat kekebalan komunal pada masyarakat dan kampus, PENS lakukan pengabdian masyarakat gandeng Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Surabaya dan Badan Intelijen Negara (BIN) gelar Vaksinasi Covid-19 dosis kedua.

Vaksinasi dosis kedua ini dilaksanakan di Kampus PENS (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya), Kamis (9/12/2021), dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat bagi masyarakat pesertanya maupun panitia pelaksana.

Peserta vaksinasi yang datang diarahkan langsung menuju ke tempat registrasi oleh panitia. Peserta melakukan screening terkait kondisi kesehatan yang ada dan dilanjutkan dengan pemberian vaksin kepada peserta.

Sekitar 1.000 peserta sudah melakukan vaksinasi dosis kedua AstraZeneca. Dengan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) serta kartu vaksin pertama peserta sudah bisa langsung mendaftarkan diri pada kegiatan ini.

Persiapan yang matang dilakukan oleh tim Satgas Covid-19 PENS bersama tim kesehatan dari Puskesmas Keputih, Menur, Klampis, dan Mulyorejo. Turut hadir sebagai Koordinator Lapangan drg. Dwiana Boediastika. Dalam kesempatan ini, tim yang hadir beranggotakan petugas bagian verifikasi, screening, vaksinator, dan administrasi dengan total 15 petugas yang bertugas dalam kegiatan ini.

Dokter Dwiana menyampaikan bahwa target awal vaksinasi ini adalah 500 peserta namun melonjak hingga 1.000 peserta yang memadati Kampus PENS untuk melakukan vaksinasi dosis kedua ini.

Meskipun mendapat peningkatan jumlah peserta, namun tim kesehatan telah mempersiapkan hal tersebut bersama dengan Dinas Kesehatan Pemerintah Surabaya sehingga tidak menimbulkan kendala yang berarti.

“Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan mampu meluaskan vaksinasi untuk para masyarakat baik dari vaksin Sinovac maupun AstraZeneca dan lengkap dari dosis satu dan dua,” ujar dr. Dwiana, Kamis (9/12/2021).

Ditambahkan Aliridho Barakbah Direktur PENS bahwa kegiatan vaksinasi ini adalah bentuk pelayanan PENS terhadap civitas akademika dan masyarakat umum. Bertujuan untuk memberikan rasa aman dengan membekali program vaksinasi ini.

Harapannya setelah diadakannya kegiatan ini menjadi pembekalan terhadap masyarakat untuk tetap waspada terhadap keadaan pandemi ini.

Terkait dengan internal PENS, kegiatan ini merupakan persiapan pelaksanaan PTM dan pembekalan untuk seluruh civitas akademika yakni dosen, karyawan, serta mahasiswa agar saling melindungi satu dan lainnya.

Program ini akan terus berjalan untuk seluruh masyarakat khususnya yang di lingkungan PENS. Kedepannya program pengabdian masyarakat ini akan terus berlanjut meskipun berbeda bentuknya.(tok/tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs