Jumat, 19 April 2024

POGI Rekomendasikan Vaksinasi Covid-19 untuk Ibu Hamil

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Ilustrasi. Ibu hamil. Foto : Thinkstock

Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) merekomendasikan vaksinasi Covid-19 untuk ibu hamil. Karena, perempuan yang sedang mengandung termasuk kelompok rentan terinfeksi Virus Corona.

Berdasarkan data yang dari berbagai cabang POGI dari April 2020, tercatat sebanyak 536 ibu hamil yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Budi Wiweko Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat POGI mengatakan, injeksi vaksin ke tubuh ibu hamil bisa membantu membentuk antibodi pada janin supaya punya kekuatan terhadap Virus SARS-CoV-2.

“Kami sebagai organisasi profesi merekomendasikan kepada pemerintah agar mulai memperluas sasaran vaksinasi Covid-19 kepada ibu hamil yang termasuk kelompok rentan terpapar Covid- 19,” ujarnya dalam konferensi pers virtual, Jumat (2/7/2021).

Menurutnya, secara teori, antibodi yang dihasilkan ibu hamil bisa ditransmisikan kepada janin di dalam kandungannya. Tapi, kata dr Budi, masih perlu penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas transmisi Vaksin Covid-19 dari ibu hamil ke janinnya.

Merujuk penelitian dasar yang dilakukan di Amerika Serikat, vaksin Covid-19 baik yang berasal dari virus yang sudah dimatikan mau pun yang berfungsi sebagai viral vector, aman untuk ibu dan janin sampai sesudah proses melahirkan.

Lebih lanjut, POGI menganjurkan vaksinasi ibu hamil pada usia kehamilan 33 minggu, supaya ada efek perlindungan dan pembentukan antibodi terhadap virus SARS-CoV-2 pada janin.

Lalu, pemberian vaksinasi pada ibu hamil disarankan paling cepat pada usia kandungan 12 minggu.

Hal itu untuk menghindari risiko pada proses organogenesis atau proses pembentukan organ-organ tubuh pada janin.

“Berdasarkan data studi dan analogi pada vaksin, POGI merekomendasikan vaksinasi Covid-19 untuk ibu hamil dengan pengawasan dokter,” tegasnya.

Sekarang, POGI menunggu hasil uji klinis vaksin Sinovac dari Kementerian Kesehatan dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), sebagai otoritas yang berwenang mengizinkan atau tidak menginginkan vaksinasi Covid-19 untuk ibu hamil.(rid/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
26o
Kurs