Sabtu, 20 April 2024

PPKM Darurat, Tiga Stasiun Kereta Api di Daop 8 Surabaya Layani Vaksinasi

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Pelaksanaan vaksinasi penumpang kereta api jarak jauh di stasiun. Foto: Humas Daop 8 Sursbaya

Selama pelaksanaan PPKM Darurat di Surabaya, PT KAI Daop 8 Surabaya gelar layanan vaksinasi Covid-19 bagi penumpang kereta api jarak jauh.

Ada tiga stasiun di wilayah Daerah Operasional (Daop) 8 Surabaya, yaitu Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Surabaya Pasar Turi dan Stasiun Malang yang memberikan layanan vaksinasi bagi penumpang kereta api jarak jauh.

“Layanan ini bagian dari keikutsertaan Daop 8 Surabaya dalam program percepatan vaksinasi seperti yang dianjurkan pemerintah. Penumpang kereta api khususnya perjalanan jarak jauh bisa mengikuti layanan vaksinasi di tiga stasiun tadi,” terang Luqman Arif Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Jumat (9/7/2021).

Calon penumpang, lanjut Luqman wajib memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan agar dapat mengikuti layanan vaksinasi di stasiun kereta api. Mulai dari usia diatas 18 tahun juga harus memiliki KTP.

“KTP dibutuhkan karena untuk pencatatan NIK. Itu dibutuhkan untuk sertifikasi vaksinasi. Karena itu wajib. Juga harus dalam keadaan sehat. Dan telah memiliki tiket perjalanan kereta api jarak jauh yang berlaku atau sudah lunas dibayar,” tambah Luqman.

Layanan vaksinasi di tiga stasiun kereta api di wilayah Daop 8 Surabaya tersebut kata Luqman dijadwalkan digelar sampai dengan batas akhir pelaksanaan PPKM Darurat yaitu pada 20 Juli 2021. Oleh karena itu masyarakat diharapkan dapat mengatur perjalanan dengan moda transportasi kereta api sekaligus menentukan jadwal vaksinasi.

“Seperti disampaikan sebelumnya, selain negatif Covid-19, penumpang kereta api jarak jauh juga wajib menyertakan keterangan telah divaksinasi. Karena itu penting bagi calon penumpang mengatur jadwal keberangkatan dan vaksinasi,” ujar Luqman.

Dan ditambahkan Luqman bahwa layanan vaksinasi ini juga sebagai upaya Daop 8 Surabaya membantu masyarakat yang akan belergian untuk juga memiliki kartu vaksinasi. “Layanan ini memberikan kemudahan masyarakat yang akan bepergian dengan persyaratan bukti vaksinasi,” pungkas Luqman.

Perlu juga diketahui kuota vaksinasi di masing-masing stasiun tidak sama. “Kami ingatkan agar vaksinasi dilaksanakan sehari sebelum jadwal keberangkatan. Ini berkaitan dengan kuota vaksinasi pada masing-masing stasiun,” tutup Luqman. (tok/tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
31o
Kurs