Minggu, 23 Januari 2022

Prakiraan Cuaca dan Penyebab Angin Kencang di Jawa Timur

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Pohon di depan Stasiun Gubeng Lama tumbang dan sempat menutup satu ruas Jalan Kusuma Bangsa, Surabaya pada Sabtu (30/1/2021) sekitar pukul 17.30 WIB. Foto: Command Center

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan wilayah Jawa Timur masih diguyur hujan lebat disertai angin kencang dan petir pada Rabu (3/2/2021).

“Berdasarkan pantauan radar, wilayah yang hujan lebat disertai angin kencang dan petir adalah Surabaya, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Jombang, Nganjuk, Tulungagung, Batu, Jember, Bondowoso, Banyuwangi, dan Madura,” kata Huda prakirawan BMKG Juanda kepada Radio Suara Surabaya, Rabu pagi.

Pada awal Februari, kata Huda, wilayah Jawa Timur memang sudah memasuki puncak musim hujan.

Huda menjelaskan, angin kencang yang terjadi akhir-akhir ini disebabkan adanya tekanan udara rendah di wilayah utara Australia.

“Angin prinsipnya seperti air dari tekanan tinggi ke rendah. Tekanan rendah hingga 1.001 milibar di utara Australia berdampak ke Jawa Timur. Jika normalnya kecepatan angin 5 sampai 25 kilometer per jam, akhir-akhir ini menjadi sampai 40 kilometer per jam,” kata Huda.(iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Senja Penutup Tahun

Truk Derek Ringsek Setelah Tabrak Truk Gandeng Parkir

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Surabaya
Minggu, 23 Januari 2022
32o
Kurs