Sabtu, 27 April 2024

Prakiraan Cuaca Jawa Timur Tiga Hari ke Depan, Waspada Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi cuaca Surabaya dan Jawa Timur diprediksi hujan disertai petir selama tiga hari kedepan. Foto: bmkg.go.id

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan pernyataan dini terkait cuaca selama tiga hari kedepan khususnya wilayah Jawa Timur, pada Kamis (23/9/2021).

Secara umum, prakiraan cuaca untuk wilayah Jawa Timur selama tiga hari ke depan pada pagi hari diprakirakan cerah, berawan, dan hujan ringan-sedang. Sedangkan siang sampai sore diprakirakan cerah, berawan, hujan ringan-sedang, dan hujan lebat disertai petir.

Ada pun pada dini hari diprakirakan cerah, berawan, berkabut, dan hujan ringan-sedang. Dengan catatan, suhu udara sekitar 13-34 persen, kelembapan udara 50-100 persen, dan angin dominan dari timur-tenggara dengan kecepatan 05-50 kilometer per jam.

Yang perlu menjadi perhatian, BMKG juga mengaluarkan peringatan dini selama tiga hari ke depan agar daerah-daerah berikut ini “mewaspadai hujan intensitas sedang sampai lebat diserai petir dan angin kencang sesaat.”

BMKG memprakirakan terjadi hujan intensitas sedang sampai lebat disertai petir dan angin kencang pada siang-sore hari ini di wilayah Trenggalek, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, dan Lumajang. Sedangkan malam nanti diprakirakan terjadi di wilayah Trenggalek.

Sedangkan pada 24 September pagi hari, hujan dengan intensitas sedang sampai lebat disertai petir dan angin kencang sesaat terjadi di wilayah Trenggalek, Kabupaten Malang, Kabupaten Probolinggo, dan Lumajang.

Kemudian besok siang sampai sore, fenomena cuaca itu diperkirakan terjadi di wilayah Kota Madiun, Magetan, Ponorogo, Trenggalek, Kabupaten Blitar, Kota Kediri, Kabupaten Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo dan Lumajang.

Selanjutnya untuk 25 September mendatang, ada sebaran wilayah yang diprakirakan dihampiri hujan ringan sampai lebat disertai petir dan angin kencang menjadi lebih luas.

Pada 25 September siang-sore, cuaca yang perlu kewaspadaan itu diprakirakan terjadi di wilayah Nganjuk, Kabupaten Madiun, Ponorogo, Trenggalek, Kabupaten dan Kota Malang, Kota Batu, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, dan Situbondo.

Sedangkan malamnya, diprakirakan terjadi di wilayah Nganjuk, Kabupaten dan Kota Malang, Batu, Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo dan Banyuwangi.

Masuk Minggu (27/9/2021) dini hari, peringatan dini disampaikan untuk wilayah Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Pasuruan, dan Kabupaten Probolinggo.

BMKG juga menyampaikan prakiraan kondisi cuaca Maritim Wilayah Perairan Jawa Timur yang mulai berlaku pada 24 September 2021 pukul 07.00 WIB dalam keterangan tertulis yang diterima suarasurabaya.net.

Kondisi cuaca di sebagian wilayah perairan Jawa Timur secara umum cerah berawan, berpotensi hujan ringan, tersebar di sejumlah wilayah. Di antaranya Laut Jawa Bagian Utara Bawean, Laut Jawa Bagian Selatan Bawean, Laut Jawa Bagian Timur Masalembo, Perairan Tuban-Lamongan, Perairan Gresik-Surabaya, Perairan Utara Madura, Selat Madura Bagian Barat, dan Perairan Selatan Jawa Timur.

Dengan kondisi arah angin yang didominasi dari Timur-Tenggara, kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian timur dan Samudera Hindia Selatan Jatim diprakirakan mencapai 17 knots (31 kilometer per jam).

Sedangkan ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.2-1.0 meter, sementara di Laut Jawa bagian timur antara 0,8-2,0 meter. Sedangkan di Samudera Hindia bagian selatan Jatim antara 1,3 meter-3,0 meter.

BMKG memperingatkan, tinggi gelombang di Perairan laut selatan Jatim dan Perairan Samudera Hindia Jatim ini bisa mencapai setinggi 2.5 meter.(wld/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
26o
Kurs